Fakultas Pertanian UMP temukan inovasi es krim dari ubi jalar

id es krim,ubi jalar

Fakultas Pertanian UMP temukan inovasi es krim dari ubi jalar

Es krim berbahan baku ubi jalar inovasi Fakultas Pertanian UMP. (Foto: Dok UMP)

Purwokerto (ANTARA) - Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, berhasil menemukan inovasi es krim berbahan baku tepung ubi jalar, kata Dekan Fakultas Pertanian UMP Ir. Bambang Nugroho, M.P.

"Biasanya es krim dibuat dari tepung maizena, tapi mahasiswa kami melakukan inovasi menggunakan tepung ubi jalar untuk membuat es krim yang diberi nama Patatas ini," katanya di Purwokerto, Selasa.

Oleh karena itu, kata dia, es krim Patatas yang terbuat dari tepung ubi jalar memiliki kandungan serat yang cukup tinggi.

Menurut dia, kandungan serat yang tinggi merupakan pertimbangan awal dikembangkannya es krim ini karena manusiaterutama pada anak-anak sering kekurangan serat dalam menu makanannya.

Ia mengatakan sumber serat yang banyak dan mudah adalah dari sayur-sayuran, sedangkan anak-anak banyak yang tidak mau mengonsumsi sayur-sayuran.

Selain itu, lanjut dia, kandungan gizi antioksidannya juga sangat tinggi dengan warna ungu alami yang membuatnya tampak menawan.

"Ubi jalar mengandung antioksidan unik alami, antosianin yang merupakan senyawa polifenol yang tidak hanya memiliki kapasitas antioksidan saja. Tapi juga antiinflamasi dan relaksasi pembuluh darah. Antosianin sangat baik untuk kesehatan saluran cerna, juga sebgai antimutagenik dan antikarsinogenik yang dapat mencegah gangguan pada fungsi hati, serta bersifat antuhipertensi dan antihiperglikemik," katanya.

Ia mengatakan ubi jalar mengandung karbohidrat kompleks serta indeks glikemik yang rendah. 

Menurut dia, kekayaan akan serat ini sangat baik untuk saluran cerna yang sehat. Bahkan, juga berpotensi mencegah berbagai penyakit degeneratif seperti diabetes dan obesitas.

"Karbohidrat kompleks juga akan menyerap kelebihan lemak dan kolesterol serta mencegah sembelit. Selain itu, ubi jalar juga mengandung vitamin A, B, C, zat besi dan kalsium yang tentu sangat diperlukan tubuh manusia," katanya.

Terkait dengan rasa, Bambang mengatakan es krim Patatas memiliki rasa yang unik, manis, segar, dan begitu lembut di lidah dengan rasa ubi yang masih sedikit terasa. 

"Apalagi, es krim Patatas ini dibuat dengan bahan alami semuanya, tanpa pewarna dan pengawet buatan. Bagi yang berminat terhadap es krim Patatas bisa membeli di Warung Organik Fakultas Pertanian UMP atau menghubungi nomor telepon 081225301792 dengan minimal pemesanan 20 cup es krim mini atau satu cup es krim ukuran besar," katanya. (tgr)
Pewarta :
Editor: Sumarwoto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar