ANTARA TV | TWITTER | Facebook | SIGN IN
Kamis, 17 Agustus 2017

Harga Bawang Putih di Kudus Rp80 Ribu/kg

| 380 Views
id harga, bawang putih, kudus
Harga Bawang Putih di Kudus Rp80 Ribu/kg
Seorang pekerja tengah mengangkat satu karung plastik berisi bawang putih di Pasar Bitingan Kudus, Jawa Tengah. (Foto: ANTARAJATENG.COM/Akhmad Nazaruddin Lathif)
Kudus, ANTARA JATENG - Harga jual bawang putih impor di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, pekan ini mengalami penaikan, semula Rp60 ribu menjadi Rp80 ribu per kilogram.

Tutik Asiani, pedagang di Pasar Bitingan Kudus, Minggu, penaikan harga jual bawang impor jenis kating itu sejak Jumat (16/6).

Kenaikannya, lanjut dia, bertahap mulai dari Rp60 ribu/kg, Rp70 ribu/kg, Rp75 ribu/kg, hingga sekarang ini Rp80 ribu/kg.

Ia mengakui bahwa ada bawang jenis kating yang lebih murah, yakni Rp50 ribu/kg. Namun, kualitasnya kurang bagus.

Pasalnya, kata dia, bawang putih impor jenis kating yang dijual murah itu saat dipanen usianya masih muda sehingga terkesan dipanen dini.

Konsumen di Kabupaten Kudus, menurut dia, memang lebih senang membeli bawang putih kating daripada jenis lainnya. Meskipun harga jualnya mahal, pelanggannya masih membeli.

Sementara itu, bawang putih asal Taiwan, kata Tutik, justru lebih murah karena per kilogramnya sebesar Rp35 ribu.

Untuk komoditas lainnya, cenderung stabil meskipun ada beberapa komoditas yang harga jualnya turun, salah satunya cabai rawit merah pada pekan ini turun menjadi Rp35 ribu/kg dari harga Rp50 ribu/kg.

Cabai jenis lainnya, cukup stabil, seperti cabai rawit putih Rp20 ribu/kg, cabai merah kriting Rp16 ribu/kg, dan bawang merah Rp32 ribu/kg.

Jika harga jual bawang putih di Pasar Bitingan melambung tinggi, berbeda dengan harga jual bawang putih di Pasar Kliwon.

"Kenaikan harga jual bawang putih jenis kating memang ada. Namun, saya masih menjualnya dengan harga Rp75 ribu/kg karena harga kulakannya Rp73 ribu/kg," ujarnya.

Diakuinya bahwa stok bawang putih impor jenis kating tersebut diperoleh sejak 5 hari lalu. Hingga saat ini, masih ada.

Untuk bawang Taiwan, dijual dengan harga Rp32 ribu/kg. Namun, peminatnya sedikit karena masyarakat Kudus lebih familier menggunakan bawang putih kating.

Pantauan di salah satu penyalur bawang putih di lantai dasar Pasar Bitingan Kudus, bawang putih jenis kating yang tersedia kualitasnya berbeda dengan bawang putih sebelumnya yang sama-sama dari Cina.

Harga jual bawang putih jenis kating tersebut dijual Rp38 ribu/kg dengan kondisi belum dikupas, sedangkan setelah kupas dijual Rp50 ribu/kg.

Pedagang partai besar tersebut menjelaskan bahwa bawang putih kating yang tersedia kondisinya memang masih muda sehingga harganya lebih murah.

Selain menyediakan bawang putih kating dengan harga murah, juga tersedia bawang putih Taiwan dengan harga jual Rp50 ribu/kg untuk tingkat konsumen, sedangkan tingkat pedagang lebih murah.

Editor: Nur Istibsaroh

COPYRIGHT © ANTARA 2017


Komentar Pembaca