Gubernur Jateng Lepas Kloter Pertama Embarkasi Solo

id gubernur jateng lepas kloter pertama,embarkasi solo

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sedang memberikan arahan kepada jamaah calon haji kloter pertama Embarkasi Solo asal Banjarnegara Jateng di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jumat (Foto:ANTARAJATENG.COM/Bambang Dwi Marwoto)

Boyolali, ANTARA JATENG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melepas jamaah calon haji kelompok terbang pertama Embarkasi Solo yang diberangkatkan melalui Bandara Adi Soemarmo Boyolali, Jumat, sekitar pukul 09.05 WIB.

Kloter pertama yang berasal dari Kabupaten Banjarnegara berjumlah 347 orang ditambah petugas pendamping sehingga totalnya 359 orang.

Pada kesempatan itu juga hadir sejumlah anggota Komisi VIII DPR RI yang dipimpin oleh wakil ketuanya, Nur Ahmad, dan sejumlah tamu undangan lain baik dari Pemprov Jateng, Pemkot Surakarta, Pemkab Boyolali, dan D.I. Yogyakarta.

Ganjar mengimbau jamaah tergabung kloter pertama beryukur karena mendapat kesempatan berangkat naik haji tahun ini, karena masih ada mereka lainnya yang harus menunggu waktu ke Tanah Suci antara 10 hingga 20 tahun mendatang.

Selain itu, ia juga mengimbau jamaah tidak menitipkan barang atau identitasnya kepada oranga lain yang tidak dikenal.

Jika ada hal-hal yang mereka tidak tahu, katanya, segera mencari petugas pendamping dan bertanya sehingga semuanya bisa berjalan lancar.

"Saya titip doakan semua untuk keluarganya, teman-teman, Jawa Tengah, dan Indonesia saat di Tanah Suci," katanya.

Kepala Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Farhani, mengatakan PPIH setempat pada penyelenggaran ibadah haji tahun ini, berencana memberangkatkan 34.112 calon haji yang terbagai menjadi dua gelombang, mulai 27 Juli hingga 26 Agustus mendatang.

Dari 34.112 calon haji yang diberangkat tersebut, terbagi menjadi 95 kloter, yakni gelombang pertama kloter 1-47 dan gelombang kedua kloter 48-95.

"Jamaah calon haji Jateng tahun ini sebanyak 30.225 jamaah, termasuk petugas kloter dan TPHD, sedangkan D.I. Yogyakarta sebanyak 3.203 jamaah termasuk petugas kloter 45 orang dan TPHD 26 orang," katanya.

Rombongan calon haji kloter 1 PPHI Embarkasi Solo berasal dari Banjarnegara dengan jumlah total 347 orang, satu di antaranya tidak bisa diberangkatkan karena sakit. Dengan tambahan petugas pendamping kloter sehingga jumlah totalnya 359 orang.

Farhani mengatakan soal paspor dan visa jamaah, hingga keberangkatan 20 hari mendatang sudah selesai, sedangkan sisanya masih dalam proses karena antre.

Namun, katanya, soal visa jamaah dapat dipastikan selesai seluruhnya hingga kloter terakhir sebelum keberangkatan mereka ke Tanah Suci.

Jamaah calon haji kloter pertama adalah mereka yang mendaftarkan naik haji pada umumnya sejak 2010 hingga 2011 atau sekitar enam tahun harus menunggu.
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar