Polresta Pekalongan bentuk Tim Respekta antisipasi gejolak pilkada

id Polresta Pekalongan, antisipasi gejolak pilkada

Polresta Pekalongan bentuk Tim Respekta antisipasi gejolak pilkada

Jajaran Kepolisian Resor Pekalongan Kota sedang melakukan simulasi pengamanan Pemilihan Kepala Daerah 2020. yang beranggotakan Tim Respekta. ANTARA/Kutnadi

Pekalongan (ANTARA) - Kepolisian Resor Pekalongan Kota, Jawa Tengah, membentuk Tim Religius, Peka, dan Tangguh (Respekta) sebagai upaya mengantisipasi gejolak massa menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah 2020 sekaligus memberikan edukasi tentang tentang dampak COVID-19.

Kepala Polres Pekalongan Kota AKBP Egy Andrian Suez di Pekalongan, Selasa, mengatakan bahwa Tim Respekta ini akan melakukan patroli untuk mencegah gangguan keamanan dan keteriban masyarakat serta bertugas mengantisipasi dampak COVID-19.

"Kami telah menyiapkan satu peleton anggota (30 personel) sebagai kekuatan penindakan pelanggaran hukum dengan tugas khusus menindak premanisme, kejahatan di jalan, dan gangguan kamtibmas lainnya," katanya.

Menurut dia, Tim Respekta ini telah dibekali kemampuan khusus di bidang penindakan seperti kemampuan bela diri, menembak, melumpuhkan lawan, dan penguasaan perundang-undangan sebagai dasar melaksanakan tugasnya.

Selain itu, kata dia, para personel ini juga akan dilengkapi sarana dan prasaran pengamanan seperti pakaian antipeluru, sajam, senjata elektrik, borgol, tongkat, dan kendaraan operasional, dan kendaraan khusus.

"Tim Respekta ini nantinya diharapkan dapat menekan dan memastikan kamtibmas di wilayah Kota Pekalongan ini bisa lebih terjamin, aman, dan kondusif menjelang pelaksanaan Pilkada 2020," katanya.

Wakil Wali Kota Pekalongan Afzan Arslan Djunaid menyampaikan apresiasinya atas upaya Polresta Pekalongan yang telah membentuk Tim Respekta yang akan bertugas mengantisipasi gangguan kantibmas di wilayah ini.

Ia yang akrab dipanggil Aaf ini menilai meski selama ini situasi dan kondisi di wilayah ini masih relatif aman dan kondusif namun segala persiapan antisipasi menjelang Pilkada 2020 harus disiapkan matang.

"Kami apresiasi pada Polres Pekalongan Kota dengan membentuk Tim Respekta ini dengan segala persiapan yang luar biasa guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kerusuhan dan permasalahan yang timbul di masyarakat," katanya.

Baca juga: KPU Pekalongan usulkan tambahan anggaran pilkada Rp3 miliar untuk pengadaan APD
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar