Terminal Bulupitu Purwokerto lengang H-2 jelang Lebaran

id terminal,mudik

Terminal Bulupitu Purwokerto lengang H-2  jelang Lebaran

Suasana Terminal Bulupitu, Purwokerto H-2 menjelang Lebaran (ANTARA - Wuryanti Puspitasari)

Purwokerto (ANTARA) - Terminal tipe A Bulupitu Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, tampak lengang pada Jumat sore atau H-2 jelang Lebaran 2020.

Menurut pantauan ANTARA di Purwokerto, Jumat, mayoritas agen bus di Terminal Bulupitu tutup dan hanya ada beberapa bus yang terparkir di dalam terminal tanpa terlihat aktivitas penumpang yang lalu lalang.

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal tipe A Bulupitu Purwokerto, Antonius Bayu saat ditemui di lokasi, mengatakan sejak diterapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa wilayah dan adanya imbauan untuk tidak mudik, terjadi penurunan jumlah penumpang di terminal tersebut.

Baca juga: Arus lalu lintas di Jalur Pantura Timur Pati turun 60 persen
Baca juga: Arus lalu lintas H-3 Lebaran jalur tengah Jawa Tengah lengang

Kendati demikian, dia tidak menyebutkan secara rinci persentase penurunan jumlah penumpang.

"Misalkan saja data yang sudah kami rekapitulasi pada tanggal 20 Mei untuk kategori antarkota antarprovinsi (AKAP) ada sebanyak 21 bus yang datang dan 20 bus yang berangkat dari Terminal Bulupitu ke sejumlah wilayah tujuan," katanya.

Selain itu, masih dalam kategori AKAP, pada tanggal 20 Mei 2020 ada 38 penumpang tiba dan ada 39 penumpang berangkat dari terminal itu.

Pihaknya memperkirakan jumlah penumpang yang tiba maupun berangkat di terminal tersebut belum akan mengalami lonjakan hingga H+7 setelah Idul Fitri.

"Perkiraan kami selama masih ada pandemi COVID-19 dan imbauan untuk tidak mudik dulu maka lonjakan jumlah penumpang belum akan terjadi," katanya.

Dia mengatakan kendati terjadi penurunan jumlah penumpang namun pihaknya masih terus menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat guna mencegah penyebaran COVID-19.

"Kami telah menyiapkan area cuci tangan dan memastikan penumpang yang berangkat dalam kondisi sehat dan membawa serta persyaratan seperti surat tugas dan lain sebagainya," katanya.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga secara berkala mengingatkan untuk selalu menggunakan masker dan menjaga jarak.

Baca juga: Arus lalu lintas di Solo jelang Lebaran alami peningkatan
Baca juga: Arus kendaraan di jalur selatan Jateng masih landai

Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar