PTPN IX bantu warga gunakan tunjangan THR direksi

id bantuan PTPN,warga terdampak pandemi COVID 19

PTPN IX bantu warga gunakan tunjangan THR direksi

Penyerahan bantuan paket sembako oleh PTPN IX kepada warga terdampak pandemi COVID-19. ANTARA/HO-PTPN IX

Semarang (ANTARA) - PT Perkebunan Nusantara IX membantu sejumlah warga terdampak pandemi COVID-19 dengan memberikan paket sembako yang dibeli menggunakan alokasi anggaran Tunjangan Hari Raya (THR) Idul Fitri dari jajaran direksi dan komisaris PTPN IX.

"Ini wujud dari kebersamaan dan tanggung jawab kami kepada masayarakat bahwa seluruh THR direksi dan komisaris PTPN IX diserahkan sepenuhnya kepada masyarakat terdampak COVID-19," kata Direktur Komersial PTPN IX Rudi Harjito di kantor direksi di Semarang, Rabu.

Hal tersebut disampaikan di sela penyerahan paket sembako kepada warga yang merupakan Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (corporate social responsibility) PTPN IX saat pandemi COVID-19 yang telah berdampak luas, baik secara sosial, ekonomi maupun keuangan.

Sasarannya adalah masyarakat lingkungan sekitar PTPN IX, baik yang berada di kantor direksi maupun di kebun atau pabrik gula.

Menurut dia, pemberian bantuan paket sembako yang dilakukan serentak di unit-unit kerja PTPN IX yang tersebar di Jawa Tengah ini juga untuk memberikan semangat kepada masyarakat sekitar.

"Adapun kegiatan hari ini merupakan kesepakatan manajemen untuk mengalokasikan biaya THR direksi dan komisaris dipergunakan untuk kegiatan-kegiatan yang bersifat kemanusiaan terkait penanggulanagan COVID-19 senilai kurang lebih Rp440 juta," ujarnya.

Ia menambahkan, jajaran manajemen dan karyawan PTPN IX juga telah menerapkan protokol kesehatan dan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Semarang, memberlakukan work from home atau bekerja dari rumah, penyemprotan disinfektan secara rutin, dan penyediaan peralatan kebersihan sejak awal pandemi COVID-19.

Komitmen patuh terhadap peraturan pemerintah dalam menjaga jarak, menjaga kebersihan, tidak mudik saat Lebaran juga berlaku di seluruh unit-unit kerja PTPN IX yang terdiri dari 15 kebun tanaman tahunan, lima pabrik gula, satu unit produksi dan pemasaran produk hilir, serta satu Kampoeng Kopi Banaran.

"Termasuk penerapannya pada kesiapan giling di Pabrik Gula milik PTPN IX yang dijadwalkan akan mulai giling pada awal Juni 2020 sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam bidang ketahanan pangan," katanya.

Anisa, salah seorang warga RT 8 RW 3, Kelurahan Mugas, Kota Semarang, mengucapkan terima kasih atas bantuan paket sembako yang diterima dari PTPN IX.

"Alhamdulillah bantuan ini sangat membantu keluarga kami saat pandemi corona, apalagi suami saya hanya menerima gaji pokok dari tempatnya bekerja, namun tetap harus membayar SPP anak," ujarnya.

Baca juga: Apindo Surakarta pastikan pemberian THR berjalan lancar

Baca juga: 29 perusahaan di Kudus laporkan pembayaran THR
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar