Pengawas Obat Eropa percepat pengembangan vaksin dan obat lawan virus corona

id EMA,Virus corona,vaksin,pengembangan obat

Pengawas Obat Eropa percepat pengembangan vaksin dan obat lawan virus corona

Ilustrasi. Usaha pengembangan vaksin corona. ANTARA/Shutterstock/am.

Amsterdam (ANTARA) - Badan Pengawas Obat Eropa (EMA) menyebutkan pihaknya sedang mengambil sejumlah upaya mempercepat pengembangan vaksin dan pengobatan untuk memerangi virus corona baru, yang menelan lebih dari 400 korban jiwa.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan virus seperti flu tersebut sebagai darurat global. Para ahli pun menyebutkan masih menjadi misteri terkait virus corona, seperti jumlah korban meninggal dan cara penularan.

"EMA siap mendukung pengembangan obat-obatan dengan seluruh perangkat regulasi yang ada guna meningkatkan sekaligus mempercepat pengembangan langkah efektif untuk melawan dan mencegah penyebaran virus ini," kata badan tersebut.

Pihaknya menuturkan sedang mencari antivirus atau vaksin potensial untuk menyembuhkan atau mencegah wabah virus tersebut. Pihaknya juga sedang menganalisis semua informasi yang ada terkait penemuan berbagai obat dari para pengembang.

Produsen farmasi Inggris GlaxoSmithKline (GSK) mengatakan sedang  bekerja sama dengan Koalisi untuk Inovasi Kesiapsiagaan Wabah (CEPI) sebagai upaya mengembangkan sebuah vaksin.

"EMA menggiatkan rencananya untuk menghadapi ancaman kesehatan yang ada," kata Direktur Eksekutif EMA Guido Rasi, menambahkan bahwa badan tersebut akan memberikan imbauan ilmiah jalur cepat dan umpan balik dari setiap pengembangan obat yang diusulkan.

Sumber: Reuters

Baca juga: Bandara Soekarno-Hatta hentikan penerbangan ke China
Baca juga: Hindari penularan corona, dokter sarankan ibu-ibu tidak "cipika-cipiki"
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar