Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMP gelar Sekolah Pasar Modal Syariah

id Sekolah pasar modal syariah, FEB UMP

Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMP gelar Sekolah Pasar Modal Syariah

Dekan FEB UMP Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMP Akhmad Darmawan, S.E., M.Si. (memegang telepon pintar) berswafoto bersama peserta Sekolah Pasar Modal Syariah di Aula A.K. Anshori, Gedung Rektorat UMP Lantai 3, Desa Dukuhwaluh, Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu (12/10/2019). (ANTARA/HO-UMP)

Banyaknya perusahaan-perusahaan nasional Indonesia saat ini yang investornya adalah investor asing, berdampak pada ketergantungan dan keseimbangan ekonomi nasional pada investor asing tersebut
Banyumas (ANTARA) - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) bekerja sama dengan Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Purwokerto, Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) Yogyakarta, dan PT Phintraco Sekuritas menggelar Sekolah Pasar Modal Syariah.

Kegiatan yang diikuti oleh 700 peserta itu digelar di Aula A.K. Anshori, Gedung Rektorat UMP Lantai 3, Desa Dukuhwaluh, Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu.

Kegiatan tersebut merupakan pelaksanaan tahap kedua dengan fokus pembahasan materi berups edukasi tentang investasi dan pasar modal syariah yang disampaikan oleh dua pemateri yang ahli dalam bidangnya masing-masing, yakni dari Agnes dari Kantor Perwakilan BEI Yogyakarta dan Kusuma Kampitasari dari PT Phintraco Sekuritas. Sekolah Pasar Modal Syariah tahap pertama telah dilaksanakan pada tanggal 21 September 2019.

Baca juga: UMP ciptakan apoteker yang siap bersaing di kancah nasional-internasional

Dalam kesempatan tersebut, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMP Akhmad Darmawan, S.E., M.Si. mengatakan pada era saat sekarang, generasi muda harus mulai belajar memahami sistem investasi dengan cara menabung saham.

"Banyaknya perusahaan-perusahaan nasional Indonesia saat ini yang investornya adalah investor asing, berdampak pada ketergantungan dan keseimbangan ekonomi nasional pada investor asing tersebut," katanya.

Menurut dia, para peserta juga perlu mengubah pola pikir dalam mengelola keuangan, yakni dengan berinvestasi melalui pasar saham untuk kesejahteraan masa depan.

Baca juga: Mahasiswa UMP sabet juara II di Puspitek Short Movie Competition

Sementara itu, Kepala Galeri Investasi Syariah BEI FEB UMP Dr. Naelati Tubastuvi, S.E., M.Si. mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan edukasi terkait dengan investasi pasar modal khususnya pasar modal syariah, mekanisme menjadi investor, dan bagaimana memilih saham untuk investasi.

Selain itu, kata dia, meningkatkan kesadaran bahwa investasi saham syariah mudah dan terjangkau serta memberikan informasi tentang lembaga-lembaga di pasar modal yang memberi fasilitas dan perlindungan kepada investor syariah.

"Tertarik investasi saham syariah? Silakan datang ke Galeri Investasi Syariah BEI di kampus FEB UMP, cukup dengan Rp100 ribu sudah bisa menjadi investor saham syariah," katanya. (Agp)


Baca juga: Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru UMP mendapatkan pembekalan PPL
Baca juga: Tim Kelapa Kopyor UMP ikuti Festival Kelapa Internasional
Pewarta :
Editor: Sumarwoto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar