Ganjar berharap TNI terus jadi garda depan NKRI

id ganjar pranowo,hut tni

Ganjar berharap TNI terus jadi garda depan NKRI

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat menghadiri upacara peringatan HUT Ke74 TNI di Lapangan Panglima Besar Jenderal Sudirman, Ambarawa, Kabupaten Semarang. ANTARA/HO-Humas Pemprov Jateng

Semarang (ANTARA) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengharapkan Tentara Nasional Indonesia terus menjadi garda depan dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam kondisi apa pun.

"Hari ini menjadi penting, bagaimana kondisi bangsa dan negara yang hangat ini, TNI menjadi penting untuk berada di garis terdepan agar bangsa ini selalu terjaga," kata Ganjar saat menghadiri upacara peringatan HUT Ke-74 TNI di Lapangan Panglima Besar Jenderal Sudirman, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Sabtu.

Baca juga: Kolone senapan warnai HUT TNI di Temanggung

Baca juga: HUT ke-74 TNI, ini kejutan Kapolda untuk Pangdam Diponegoro

Menurut Ganjar, TNI merupakan salah satu organ penting di Republik Indonesia karena tanpa kekuatan dan pengorbanan prajurit TNI, maka segala potensi negeri ini hanya akan tetap tertimbun di dasar tanah atau bahkan bakal terus menerus dibawa ke luar negeri.

Bahkan, lanjut Ganjar, peran TNI juga sangat besar dalam mempertahankan NKRI, terutama dalam menjaga ideologi bangsa.

"Bukan hanya melakukan gemblengan terhadap prajuritnya, namun menjadikan ideologi bangsa, Pancasila sebagai hal yang tidak bisa ditawar siapapun," ujarnya.

Upacara peringatan HUT Ke-74 TNI sekaligus HUT Kodam IV/Diponegoro tahun ini selain diikuti ribuan prajurit dan menampilkan berbagai atraksi, juga dihadiri ribuan masyarakat sekitar.

Ada masyarakat yang sekadar menonton hingga berebut foto dengan pejabat maupun prajurit TNI.

Hal tersebut menurut Ganjar, membuktikan bahwa TNI manunggal dengan rakyat bukan sekadar isapan jempol.
 
"Terima kasih TNI, sudah menjaga rakyat menjaga NKRI. TNI dukung rakyat, rakyat dukung TNI, manunggal menjadi kuat," tuturnya.
Pewarta :
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar