Pemkab Kudus dorong peningkatan kualitas guru

id kualitas guru, di kudus, diminta ditingkatkan

Pemkab Kudus dorong peningkatan kualitas guru

Pelaksana Tugas Bupati Kudus Hartopo didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kholid Seif di Alun-Alun Kudus, Jateng, Sabtu (17/8/2019). (ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)

Artinya, guru menjadi elemen penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan agar tahun 2020 bisa bersaing dengan negara maju
Kudus (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mendorong guru di daerah itu memiliki komitmen dan integritas tinggi, serta kemauan meningkatkan kompetensi guna menghadapi persaingan global.

"Pemerintah pusat sudah menggelorakan semangat untuk memiliki sumber daya manusia (SDM) unggul agar Indonesia lebih maju. Untuk Kudus kami lebih fokus untuk meningkatkan kualitas guru untuk lebih ditingkatkan," kata Pelaksana Tugas Bupati Kudus Hartopo ditemui usai menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun Ke-74 Republik Indonesia di Alun-Alun Kudus, Sabtu.

Pemkab Kudus memang sudah merintis peningkatkan kualitas guru sejak lama, namun saat ini perlu didorong agar benar-benar terwujud.

Dalam rangka memfasilitasi peningkatkan kualitas guru, Pemkab Kudus tentunya akan mengupayakan diadakannya studi banding ke beberapa daerah yang kualitas gurunya dinilai cukup bagus.

Apalagi, kualitas pendidikan di Kabupaten Kudus juga bergantung dari kualitas guru sehingga mereka perlu didorong untuk terus meningkatkan kualitasnya.

"Artinya, guru menjadi elemen penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan agar tahun 2020 bisa bersaing dengan negara maju," ujarnya.

Baca juga: PGRI Purbalingga Berkomitmen Tingkatkan Kualitas Guru

Ia menjelaskan tentang pentingnya peningkatan kualitas sumber daya manusia di daerah setempat.

"Jangan sampai, negara ini justru tertinggal dengan negara lain yang mampu bangkit dan meningkatkan kualitas sumber daya manusianya guna menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi," katanya.

Apalagi, kata dia, generasi muda saat ini sudah memasuki era milenial yang erat kaitannya dengan revolusi industri 4.0. 

Baca juga: Presiden Katakan Para Guru adalah Penentu Kualitas Manusia Masa Depan
 
Pewarta :
Editor: Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar