Hadir di Purbalingga, BI Corner diharapkan tingkatkan budaya gemar membaca

id BI Corner, BI Purwokerto,Pemkab Purbalingga

Hadir di Purbalingga, BI Corner diharapkan tingkatkan budaya gemar membaca

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi saat memberi sambutan dalam peresmian BI Corner di SMAN 1 Kutasari, Kabupaten Purbalingga, Selasa (13/8/2019). (Foto: Dok. Humas Setda Purbalingga)

Purbalingga (ANTARA) - Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengharapkan kehadiran Bank Indonesia (BI) Corner di Perpustakaan "Wisata Ilmu" Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Kutasari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, mampu meningkatkan budaya gemar membaca.

"Selain itu, kehadiran BI Corner diharapkan juga dapat meningkatkan literasi di kalangan siswa," katanya saat peresmian BI Corner di SMAN 1 Kutasari, Purbalingga, Selasa.

Ia mengatakan keberadaan BI Corner di SMAN 1 Kutasari sudah tepat karena saat ini, Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Purbalingga sedang mencari perpustakaan sekolah yang representatif untuk dinilai dalam lomba perpustakaan tingkat kabupaten.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Kantor Perwakilan (KPw) BI Purwokerto yang telah mendirikan BI Corner di SMAN 1 Kutasari.

"Beberapa waktu lalu, BI Corner juga didirikan di Perpustakaan SMAN 1 Purbalingga yang saat ini sedang menghadapi penilaian lomba perpustakaan tingkat nasional," katanya.

Baca juga: Perpustakaan Untidar dilengkapi BI Corner

Sementara itu, Kepala KPw BI Purwokerto Agus Chusaini mengatakan BI Corner merupakan fasilitas yang memberikan edukasi tentang peran peran dan fungsi bank sentral yang diakses melalu buku cetak maupun elektronik.

Ia mengakui ruangan yang digunakan untuk BI Corner tidak terlalu luas namun dibuat nyaman dan semenarik mungkin agar membuat penggunanya betah.

"BI Corner merupakan bagian dari program sosialisasi Bank Indonesia yang diharapkan dapat meminimalisasi rendahnya tingkat minat baca masyarakat Indonesia," katanya.

Ia mengatakan koleksi buku di BI Corner selama ini tidak hanya buku-buku tentang ekonomi, moneter, dan perbankan namun disesuaikan dengan kebutuhan.

Menurut dia, BI sendiri memiliki koleksi buku mulai dari pendidikan anak usia dini (PAUD) hingga tingkat SMA maupun sekolah menengah kejuruan termasuk buku-buku jurnal dan karya ilmiah.

Berdasarkan data, hingga saat ini KPw BI Purwokerto telah mendirikan 15 BI Corner, tujuh di antaranya berada di Kabupaten Banyumas, sedangkan lainnya tersebar di Purbalingga sebanyak tiga lokasi, Banjarnegara dan Cilacap masing-masing dua lokasi, serta Purworejo satu lokasi. 

Baca juga: BI Purwokerto buka "BI Corner" di Perpustakaan UMP
Baca juga: Tingkatkan kualitas siswa, BI Jateng genjot jumlah BI Corner
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar