UNS gelar pameran proyek kreatif mahasiswa

id Pameran teknik elektro

UNS gelar pameran proyek kreatif mahasiswa

Pameran hasil karya mahasiswa Teknik Elektro UNS. (Foto: Dokumentasi UNS)

     Solo (Antaranews Jateng) - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar pameran proyek kreatif mahasiswa dengan menampilkan 66 hasil karya mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik UNS.

     "Peserta pameran kali ini jumlahnya meningkat dari jumlah peserta pada bulan Januari 2018. Dari 51 peserta, sekarang menjadi 66 peserta pameran proyek kreatif," kata Ketua Panitia Kegiatan Pameran Ahmad Imam Rauyani di Solo, Rabu.

     Ahmad Imam Rauyani mengatakan b ahwa kegiatan tersebut merupakan agenda rutin Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik UNS.

     "Harapannya ke depan pelaksanaan bisa diadakan di luar kampus supaya hasil karya mahasiswa bisa dilihat masyarakat umum," katanya.

    Berbagai barang yang dipameran pada proyek kreatif Teknik Elektro tersebut, di antaranya alat pelacak barang (perang) dengan modul RF TX, intercom, DC multimeter bluetooth, pengusir nyamuk 555, FM transmitter, DC buck converter, RPM meter indikator LED, STOPME-stopkontak timer berbasis IoT, CFC (charger for climber).

     Selain itu, ada sumber listrik tenaga gravitasi (sulis tega), low-voltage amplifier, led cube dengan arduino (LEBAR), saklar suara android arduino, power suply manual, daylight alarm, dan smart parking system.

     Sebelum pameran proyek kreatif, Prodi Teknik Elektro juga menggelar kuliah umum dengan tema "Robot pada Era Revolusi Industri 4.0" dengan narasumber Founder Autobot School Agur Yake Mulia.

    Ahmad menjelaskan pendirian sekolah robot tersebut bertujuan agar anak anak kelak bisa ikut andil dalam memajukan industri robot di dalam negeri.

     "Alasan didirikannya sekolah robot ini karena Indonesia saat ini tertinggal jauh dari negara lain di luar sana, khususnya bagian kurikulum," kata Ahmad Imam Rauyani .
Pewarta :
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar