Grobogan siapkan Rp175 juta untuk bencana kekeringan

id kekeringan

Grobogan siapkan Rp175 juta untuk bencana kekeringan

Ilustrasi- Warga antre mendapatkan bantuan air bersih saat dilakukan penyaluran air bersih di wilayah yang mengalami kekeringan di desa Kedopokan, Tlogopucang, Kandangan, Temanggung, Jawa Tengah, Senin (3/8). (antara)

Grobogan (Antaranews Jateng) - Pemerintah Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, menyiapkan anggaran Rp175 juta untuk mengatasi bencana kekeringan yang biasanya melanda sejumlah desa di daerah setempat.

"Berdasarkan pengalaman sebelumnya, dengan anggaran sebesar itu cukup," kata Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Grobogan, Agus Sulaksono di Grobogan, Rabu.

Kalaupun nanti mengalami kekurangan, katanya, masih bisa diupayakan penambahan lewat APBD Grobogan.

Selain itu, lanjut dia, sepanjang pasokan air dari PDAM setempat masih lancar, penanganan bencana kekeringan juga tidak ada kendala.

Hingga kini, lanjut dia, laporan yang diterima baru dari Desa Pulokulon, Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan.

Laporan tersebut, lanjut dia, sudah ditindaklanjuti dengan melakukan pengiriman air bersih.

Untuk daerah lainnya, kata dia, belum ada laporan, meskipun terdapat sejumlah desa yang berpotensi dilanda kekeringan, diantaranya Desa Panunggalan, Kecamatan Pulokulon, serta beberapa desa di Kecamatan Toroh dan Wirosari serta beberapa desa lainnya.

Masyarakat yang masih berada di dekat sumber air, dipastikan tidak akan kesulitan mendapatkan air bersih, termasuk keberadaan embung hingga kini masih bisa dimanfaatkan.

Ia mengakui, saat ini memang masa transisi sehingga masyarakat perlu mewaspadai potensi bencana kekeringan dengan menghemat pemakaian air.

Masyarakat Grobogan sendiri dalam mengajukan permohonan bantuan air bersih tidak hanya melalui BPBD, karena mereka juga bisa mengajukan bantuan serupa melalui dinas sosial serta PMI.

Berdasarkan pemetaan daerah rawan kekeringan, di Kabupaten Grobogan terdapat 10 kecamatan yang dianggap sebagai daerah rawan kekeringan.

? ? ?Untuk memudahkan warga mendapatkan air bersih, lokasi rawan kekeringan juga perlu dibuatkan bak penampung air yang nantinya bisa dipakai oleh masyarakat serta?dibuatkan sumur penampungan yang berfungsi menampung air bantuan dari pemerintah.


 
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar