Sebagian wilayah Jateng selatan diprakirakan masuki masa pancaroba

id cuaca jateng selatan, bmkg cilacap,masa pancaroba

Sebagian wilayah Jateng selatan diprakirakan masuki masa pancaroba

Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo. ANTARA/Dokumentasi Pribadi

Purwokerto (ANTARA) - Sebagian wilayah Jawa Tengah bagian selatan diprakirakan telah memasuki masa pancaroba atau transisi dari musim kemarau menuju musim hujan, kata Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meterologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo.

"Terutama wilayah barat Kabupaten Cilacap sudah masuk transisi," katanya saat dihubungi dari Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Selasa.

Menurut dia, masa transisi tersebut ditunjukkan dengan mulai tumbuhnya awan-awan hujan di wilayah Jateng bagian selatan.

Baca juga: BMKG Banjarnegara bakal sosialisasikan alat penyebarluasan info gempa

Bahkan, kata dia, sebagian wilayah Jateng selatan khususnya Kabupaten Banyumas dan Cilacap dalam beberapa hari terakhir cenderung terjadi hujan pada siang hingga sore hari dan kadang pada malam hari.

"Kalau dari peta prakiraan secara umum, wilayah tengah dan selatan Jateng sudah masuk musim hujan pada bulan Oktober. Artinya, memang sekarang secara umum sudah masuk masa transisi dari musim kemarau menuju musim hujan," tegasnya.

Terkait dengan hal itu, Teguh mengimbau masyarakat untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya angin puting beliung atau langkisau yang berpotensi terjadi pada masa transisi.

Selain itu, kata dia, warga yang bermukim di daerah rawan longsor diimbau untuk waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana tersebut karena tanah yang kering akibat kemarau sangat rentan longsor ketika diguyur hujan.

Baca juga: Petani Ngablak Magelang dibekali pengetahuan cuaca dan iklim
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar