Pastikan berjalan lancar, KAI Purwokerto cek seluruh jalur KA

id pengamanan natal,kai purwokerto

Pastikan berjalan lancar, KAI Purwokerto cek seluruh jalur KA

Kepala PT KAI Daop 5 Purwokerto Agus Setiyono memasangkan pin posko kepada perwakilan petugas saat Apel Gelar Pasukan Pengamanan Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di halaman Kantor PT KAI Daop 5 Purwokerto, Kamis (19/12/2019). ANTARA/Sumarwoto

Purwokerto (ANTARA) - Perseroan Terbatas Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto memastikan masa Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 dapat berjalan dengan lancar, kata Kepala PT KAI Daop 5 Purwokerto Agus Setiyono.

"Hari ini kami melaksanakan upacara peringatan Hari Bela Negara yang dibarengi dengan Apel Gelar Pasukan Pengamanan Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis.

Ia mengatakan apel gelar pasukan tersebut dilakukan untuk memastikan kesiapan personel dalam menghadapi masa Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Menurut dia, Direksi PT KAI (Persero) juga telah melaksanakan inspeksi guna mengecek seluruh jalur rel kereta api.

"Kami yakinkan masa Angkutan Natal dan Tahun Baru kali ini, kami berharap sukses, tidak ada gangguan apa pun, baik dari sisi internal maupun eksternal," tegasnya.

Baca juga: 20.000 polisi dikerahkan untuk amankan Natal-Tahun Baru di Jateng

Setiyono mengakui di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto masih banyak perlintasan sebidang yang tidak dijaga, sedangkan frekuensi kereta api yang melintas pada masa Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 mengalami peningkatan seiring dengan sejumlah KA tambahan, baik dari/menuju wilayah Daop Purwokerto maupun dari Daop lain yang melintas di wilayah Daop Purwokerto.

Oleh karena itu, dia mengimbau para pengguna jalan raya untuk lebih berhati-hati saat melewati perlintasan sebidang pada masa Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

"Ada beberapa perlintasan sebidang yang kami jaga secara khusus, ada 12 titik yang kami tambah personelnya pada masa Angkutan Natal dan Tahun Baru ini, satu titik ada empat orang tambahannya," kata dia.

Disinggung masalah ketersediaan tiket, dia mengatakan berdasarkan pantauan hingga Rabu (18/12), tiket yang terjual sudah mencapai 56 persen dan diharapkan bisa mencapai 100 persen.

Bahkan, kata dia, penjualan tiket KA Kutojaya Selatan relasi Kutoarjo-Kiaracondong pergi pulang (PP) sudah mencapai 100 persen.

"KA Serayu (relasi Purwokerto-Kiaracondong-Pasarsenen PP) juga sudah habis. Rata-rata peak season-nya tanggal 24 Desember 2019 dan 1 Januari 2020," katanya.

Baca juga: Ganjar: Jateng siap menyambut libur Natal-Tahun Baru

Sementara itu, Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Supriyanto mengatakan selama masa Angkutan Natal dan Tahun Baru yang dimulai pada tanggal 19 Desember 2019 hingga 5 Januari 2020, PT KAI Daop 5 Purwokerto menyediakan tiket sebanyak 47.868 tempat duduk per hari.

Menurut dia, 47.868 tiket tersebut tersebar di 12 KA reguler keberangkatan Daop Purwokerto sebanyak 7.110 tempat duduk dan KA tambahan dari Daop Purwokerto sebanyak 1.882 tempat duduk serta 60 KA reguler dari Daop lain yang melintasi Daop Purwokerto sebanyak 34.264 tempat duduk dan 10 KA tambahan dari Daop lain sebanyak 4.612 tempat duduk.

Terkait dengan personel keamanan yang disiapkan untuk mengamankan masa Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, dia mengatakan PT KAI Daop 5 Purwokerto telah menyiapkan 133 personel Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska), 225 personel sekuriti, dan bantuan eksternal sebanyak 76 personel TNI/Polri.

"Personel keamanan tersebut akan melakukan pengamanan di atas KA, stasiun, maupun secara bergerak melakukan patroli di jalur KA dan objek-objek penting lainnya seperti Dipo Lokomotif dan Kereta," katanya.

Selain itu, kata dia, PT KAI Daop 5 Purwokerto juga menyiapkan petugas penilik jalan (PPJ) ekstra di 13 titik, penjaga jalan lintas (PJL) ekstra di 15 titik, dan petugas posko daerah rawan ekstra di dua titik.

Menurut dia, PT KAI Daop 5 Purwokerto juga menempatkan alat material untuk siaga (AMUS) di 20 lokasi yang berada di sepanjang jalur KA.

"Petugas dan perlengkapan tersebut disiagakan untuk mengamankan perjalanan KA di sepanjang lintas KA untuk memantau apabila terjadi kondisi yang dapat menghambat perjalanan KA," katanya.

Baca juga: Ini jadwal operasional angkutan barang pada Natal-Tahun Baru di Jateng
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar