Polbangtan YoMa gelar kuliah umum "Peternakan di Era Milenial"

id Polbangtan YoMa, kuliah umum, peternakan

Polbangtan YoMa gelar kuliah umum "Peternakan di Era Milenial"

Kuliah umum di Polbangtan YoMa (Foto: Polbangtan YoMa)

Magelang (ANTARA) - Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (YoMa) menghadirkan drh. Muhammad Munawaroh, MM, Ketua Umum Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) dalam kuliah umum di kampus berhawa sejuk ini.

Kuliah umum yang berlangsung pada Sabtu (13/4) tersebut mengambil tema "Peluang Peternakan dan Kesejahteraan Hewan di Masa Era Milenial".

"Arah pembangunan peternakan saat ini mencapai ketahanan pangan melalui penyediaan protein hewani asal ternak, misalnya daging sapi, kerbau, kambing, domba, kelinci, unggas, dan sapi perah. Artinya, ketahanan pangan mencakup ketersediaan dan kemampuan untuk membeli, tidak tergantung pihak lain," katanya.

Prof Lies Mira menambahkan protein sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, utamanya dalam meningkatkan produktivitas kerja sekaligus dapat meningkatkan daya saing dan kreativitas masyarakat yang mengonsumsinya secara cukup.

Oleh karena itu perlu peningkatan populasi ternak dalam rangka mencukupi kebutuhan protein hawani masyarakat.

Mengenai kesejahteraan hewan dalam mendukung program peternakan, kata dia, menurut UU Nomor 18 Tahun 2009 Pasal 1 Ayat (42) bahwa segala urusan yang berhubungan dengan keadaan fisik dan mental hewan menurut ukuran perilaku alami hewan perlu diterapkan dan ditegakkan untuk melindungi hewan dari perlakuan setiap orang yang tidak layak terhadap hewan yang dimanfaatkan manusia.

Tujuan panerapan kesejahteraan hewan pada ternak produksi adalah meningkatkan pendapatan peternak/ perusahaan peternakan yang berasal dari produksi dan produktivitas yang baik, keamanan produk yang berkualitas, sorta mutu, dan daya saing.(PolbangtanYoMa/Tantyanuar)
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar