Menlu akan Hadiri Pertemuan FEALAC di Korea Selatan

id Menlu akan hadiri p[ertemuan fealac di korea selatan

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudii ( ANTARA FOTO/Puspa Perwitasar)

Jakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi akan menghadiri pertemuan tingkat menteri Forum Kerja Sama Asia Timur-Amerika Latin (Forum for East Asia-Latin America Cooperation/FEALAC) pada 30-31 Agustus 2017 di Busan, Korea Selatan.

"Ibu Menlu akan hadir pada pertemuan FEALAC yang akan dilaksanakan di Busan tanggal 30-31 Agustus. FEALAC satu-satunya forum negara dari dua kawasan. Pertemuan ini akan membahas upaya kerja sama di kedua kawasan," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir di Jakarta, Kamis.

Arrmanatha menyebutkan tema besar dari FEALAC adalah "One Vision New Action", sedangkan tema untuk pertemuan tingkat menteri FEALAC tahun ini adalah "Promoting East Asia-Latin America Cooperation amids Global Challenges".

Pertemuan Tingkat Menteri ke-8 FEALAC tahun ini akan dilaksanakan dalam bentuk pleno dan retreat. Pertemuan tersebut diharapkan menghasilkan Deklarasi Busan.

Pada pertemuan itu, Menlu Retno Marsudi akan menyampaikan beberapa hal menyangkut kepentingan Indonesia, salah satunya tentang peraturan perdagangan FEALAC.

"Terkait FEALAC trade regulation, Indonesia mengembangkan data base yang dapat memberikan akses informasi kepada dunia usaha di negara-negara FEALAC tentang potensi ekonomi di negara-negara di kedua kawasan," kata Dewi Agustina Tobing, Direktur Kerja Sama Intra dan Antar Kawasan (KSIA) Amerika Eropa Kemlu.

Selain itu, lanjut Dewi, Menlu RI dalam pertemuan itu juga akan menyampaikan tentang pembentukan FEALAC Youth Center yang akan dibuat di kota Bandung, Jawa Barat.

"Pembentukan FEALAC Youth Center yang akan dibuat di Bandung bertujuan untuk mendorong kreativitas anak muda dari negara-negara anggota FEALAC. Tempat sudah disediakan Wali Kota Bandung," ujar dia.

FEALAC merupakan forum yang beranggotakan 16 negara dari kawasan Asia Timur dan 20 negara Amerika Latin. Perekonomian FEALAC mencakup 32 persen dari total perekonomian dunia, dan nilai perdagangan FEALAC mencapai 30 persen dari total perdagangan dunia.

Pewarta :
Editor: Totok Marwoto
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar