Ringankan beban pekerja, BPJAMSOSTEK Jateng-DIY salurkan bahan pangan dan APD

id bpjamsostek, bantuan, covid, semarang

Ringankan beban pekerja, BPJAMSOSTEK Jateng-DIY salurkan bahan pangan dan APD

logo BPJAMSOSTEK. Sebanyak 12 kantor cabang BPJAMSOSTEK di wilayah Jawa Tengah dan DIY menyalurkan bahan pangan bergizi ke sejumlah perusahaan dengan jumlah senilai Rp137 juta paket bahan pangan bergizi dan APD senilai Rp78.750.000 untuk pekerja Jasa Konstruksi. ANTARA/HO-BPJAMSOSTEK

Semarang (ANTARA) - Sebanyak 12 kantor cabang BPJAMSOSTEK di wilayah Jawa Tengah dan DIY menyalurkan bahan pangan bergizi ke sejumlah perusahaan dengan jumlah senilai Rp137 juta paket bahan pangan bergizi dan APD senilai Rp78.750.000 untuk pekerja Jasa Konstruksi.

Penyaluran serentak dilakukan masing-masing kantor cabang dengan total Rp137 juta pada Kamis, 17 September 2020.

Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Jawa Tengah- Daerah Istimewa Yogyakarta Suwilwan Rachmat menjelaskan pendistribusian bahan pangan bergizi pada pekerja tersebut untuk perusahaan dengan kriteria: perusahaan yang merumahkan sementara beberapa karyawannya.

"Selain itu karyawan yang mendapatkan bantuan adalah karyawan yang dirumahkan, karyawan yang pendapatannya berkurang karena pemotongan upah," kata Willy, panggilan akrab Suwilwan Rachmat.

Untuk paket bahan pangan bergizi, lanjut Willy berisi beras 5 kg, minyak goreng 1 liter, gula 1 kg, dan ikan sarden 1 kaleng @425 gram.

"Pemberiaan bahan pangan bergizi untuk para pekerja dilaksanakan sebagai respon terhadap situasi bencana wabah COVID-19 guna membantu para pekerja mendapatkan asupan makanan yang memadai untuk stamina/daya tahan tubuh yang baik agar terhindar dari COVID-19.

Selain itu bahan pangan bergizi, tambah Willy, Kanwil Jateng DIY juga mendistribusikan alat pelindung diri (APD) untuk pekerja jasa konstruksi sebagai pencegahan kecelakaan kerja kepada para pekerja sektor jasa konstruksi yang penuh risiko.

"Jumlah  alat pelindung diri yang dibagikan sejumlah 225 paket dengan rincian per paketnya antara lain: helm keamanan proyek/safety helmet project, sepatu keamanan proyek/safety booth, sarung tangan proyek/safety gloves, dan rompi keamanan tali silang/safety vest scotlite scotlight," katanya.

Willy menambahkan sebanyak 12 kantor cabang BPJAMSOSTEK yang menyalurkan paket bahan pangan bergizi dan APD antara lain KC Semarang Pemuda (senilai Rp17,5 juta paket pangan dan APD senilai Rp8.750.000); KC Surakarta (Rp15 juta dan Rp8.750.000).

Selanjutnya KC Yogyakarta (Rp15 juta dan Rp9.450.000); KC Kudus (Rp12,5 juta dan Rp7,7 juta); KC Magelang (Rp11 juta dan Rp5.950.000); kemudian tiga KC masing menyalurkan paket pangan Rp10 juta dan paket APD senilai Rp5.950.000 yakni KC Semarang Majapahit, KC Ungaran, dan KC Purwokerto.

Kemudian penyaluran paket pangan Rp9 juta dan paket APD senilai Rp4,9 juta yakni KC Klaten, KC Pekalongan, dan KC Tegal; KC Cilacap (Rp9 juta dan APD senilai Rp5,6 juta).



Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar