PKK dan Pemkot Magelang perkuat kemitraan demi percepatan pembangunan

id kota magelang

PKK dan Pemkot Magelang perkuat kemitraan demi percepatan pembangunan

Rakor Tim Pembina PKK dan Tim Penggerak PKK Kota Magelang di Gedung Wiworo Wiji Pinilih Kompleks Kantor Pemkot Magelang, Selasa (26/11/2019). ANTARA/HO/Humas Pemkot Magelang

Magelang (ANTARA) - Tim Penggerak PKK Kota Magelang, Jawa Tengah dan berbagai organisasi perangkat daerah (OPD) pemerintah kota setempat memperkuat kemitraan untuk mendukung percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Kami mendukung PKK sebagai mitra dari pemerintah. Bersama-sama menjalankan program kerja yang saling berkaitan antara OPD dan PKK," kata Sekretaris Tim Pembina PKK Kota Magelang Retnorini Sariningrum dalam keterangan tertulis Humas Pemkot Magelang di Magelang, Rabu.

Ia mengatakan hal itu terkait dengan Rapat Koordinasi Tim Pembina PKK dan Tim Penggerak PKK Kota Magelang di Gedung Wiworo Wiji Pinilih Kompleks Kantor Pemkot Magelang. Rakor diikuti 120 peserta yang terdiri atas perwakilan OPD terkait selaku Tim Pembina PKK, camat, dan lurah se-Kota Magelang, pengurus TP PKK Kota Magelang, ketua TP PKK kecamatan dan TP PKK kelurahan.

Retno yang juga Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kota Magelang itu, menjelaskan tentang pentingnya program kerja PKK Kota Magelang saling berkaitan dengan program pembangunan yang dilaksanakan Pemkot Magelang.

Ia menyebutkan beberapa program kerja OPD yang berkaitan dengan PKK, antara lain pengembangan komunikasi, informasi, dan media massa (Diskominsta), peningkatan pelayanan angkutan, peningkatan dan pengamanan lalu lintas (Dinas Perhubungan), perlindungan jaminan sosial dan penanganan fakir miskin, rehabilitasi sosial, dan pemberdayaan sosial (Dinas Sosial).

Selain itu, peningkatan promosi dan kerja sama investasi (DPMPTSP), peningkatan keberdayaan masyarakat kelurahan, perbaikan gizi masyarakat, peningkatan peran perempuan (DP4KB), penataan administrasi kependudukan (Disdukcapil), forikan (Disperpa), pengembangan inovasi kader PKK (Balitbang), dan pengurangan sampah (Dinas Lingkungan Hidup).

Ketua panitia rakor, Moerti Sri Wardani, menjelaskan tujuan kegiatan untuk menyamakan persepsi dan memelihara komitmen para pengurus TP PKK, baik tingkat kota, kecamatan maupun kelurahan, serta memantapkan program-program PKK setempat pada Tahun Anggaran 2020.

Ia juga mengemukakan pentingnya sinergi OPD-PKK untuk melaksanakan berbagai program pembangunan di daerah itu. "TP PKK sebagai mitra pemerintah mempunyai peran yang sangat penting dan strategis dalam upaya untuk membantu percepatan pembangunan," katanya.

Ketua TP PKK Kota Magelang Yetti Sigit Widyonindito mengemukakan pentingnya sinergi PKK-OPD terus diperkuat guna peningkatan cakupan dan kualitas program PKK terkait dengan pemberdayaan masyarakat dan kerja sama antarsektor.

"Rakor ini juga sebagai sarana sinergi program-program apa yang bisa diakses oleh PKK, begitu juga sebaliknya, bagaimana kita bisa bergandeng tangan dengan OPD untuk semakin memantapkan program kepada masyarakat," katanya.

Baca juga: Standar tinggi kelola keuangan, Pemkot Magelang terima penghargaan
Baca juga: Pemkot Magelang minta instansi sajikan getuk setiap acara

 
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar