Pembudi daya ikan Demak peroleh bantuan benih udang

id bbpbap jepara serahkan, bantuan benih udang, kepada pembudidaya ikan

Pembudi daya ikan Demak peroleh bantuan benih udang

Penyerahan bantuan benih udang oleh Kepala BBPBAP Jepara Sugeng Raharjo kepada kelompok pembudidaya ikan. (Foto : Dok.)

Jepara (ANTARA) - Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara, Jawa Tengah, menyerahkan bantuan benih udang, ikan, dan  rajungan kepada pembudidaya ikan di Kabupaten Demak sekaligus memberikan penyuluhan tentang cara budidaya ikan yang baik.

Menurut Kepala BBPBAP Jepara Sugeng Raharjo di Jepara, Selasa, bantuan benih yang diserahkan mulai dari benih udang vaname, udang jerbung, udang windu, ikan kakap putih dan rajungan.

Bantuan benih vaname sebanyak 938.000 ekor yang diberikan kepada Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Pasopati Jaya, kemudian benih udang jerbung sebanyak 440.000 ekor, kakap putih sebanyak 3.000 ekor yang diberikan kepada Pokdakan Sumber Makmur serta udang windu sebanyak 1.059.000 ekor diberikan kepada Pokdakan Mina Bahari Lestari.

Baca juga: 40.000 benih ikan baung ditebar di Sungai Serayu

Selain itu, lanjut dia, BBPBAP Jepara juga menyerahkan bantuan pakan sebanyak 5.010 kilogram diserahkan kepada Pokdakan Mekar Jaya.

Total bantuan yang diberikan sebesar Rp81.184.000.

BBPBAP Jepara juga melakukan monitoring dan evaluasi serta temu lapang di kawasan tambak gojoyo Desa Wedung Demak pada Senin (28/10).

Tujuan dari temu lapang tersebut sebagai media evaluasi dan laporan perkembangan bantuan benih dan pakan yang sudah diperbantukan kepada Pokdakan di Demak.

Kegiatan tersebut, juga dihadiri Kepala BBPBAP Jepara, Dinas Perikanan Kabupaten Demak Eni Susilawati, Kepala Desa Wedung Jamaludin Malik, beserta para pejabat lainnya.

Dan 100 peserta yang mewakili pembudidaya dari Pokdakan penerima bantuan di Kabupaten Demak dan masyarakat umum lainnya.

Sugeng Raharjo berharap dengan bantuan pakan dan benih ini menjadi pemacu dan semangat pembudidaya dalam usaha budidaya sehingga pembudidaya menjadi mandiri dan meningkatkan usaha budidaya dan juga untuk mensosialisiasikan pentingnya penerapan cara budidaya ikan yang baik.

Ketua Pokdakan Pasopati Jaya Luluh Muniroh mengaku berterima kasih atas bantuan benih dan pendampingan teknologi perikanan budidaya kepada Pokdakan Pasopati dan pokdakan yang lainnya yang menjadi spirit dan motivasi pembudidaya untuk giat dalam usaha budidaya dan penerapan CBIB sehingga diharapkan perikanan budidaya berkelanjutan.

Temu Lapang memperlihatkan udang merguensis, udang windu dan kakap putih yang dibudidayakan di tambak yang merupakan bantuan dari BBPBAP Jepara yang menunjukkan pertumbuhan yang cukup baik walaupun dengan salinitas air yang sudah di angka sekitar 70 ppt.

Baca juga: Disperpa Kota Magelang tebar bibit nila di demplot mina padi
Baca juga: Kemarau, Balai Benih Ikan Kudus gagal produksi
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar