Juara GP Rusia, Hamilton akhiri kemenangan beruntun Ferrari

id Lewis Hamilton , Grand Prix Rusia, Ferrari

Juara GP Rusia, Hamilton akhiri kemenangan beruntun Ferrari

Pebalap Mercedes Lewis Hamilton melakukan selebrasi dengan mencium trofi usai menjuarai Grand Prix Rusia di Autodrom Sochi, Minggu (29/9/2019) Reuters/Anton Vaganov

Jakarta (ANTARA) - Pebalap Mercedes Lewis Hamilton menjuarai Grand Prix Rusia, Minggu, dan mengakhiri kemenangan beruntun tim rival, Ferrari, yang mengalami kendala reliabilitas pada balapan seri ke-16 tersebut.

Juara dunia lima kali itu finis 3,829 detik di depan rekan satu timnya, Valtteri Bottas, untuk mempersembahkan finis 1-2 bagi tim Silver Arrow, demikian laman resmi Formula 1.

Ferrari telah memenangi tiga balapan secara beruntun, namun Mercedes memperbaiki rekor belum pernah terkalahkan di Sochi sejak trek yang berada di pinggiran Laut Hitam itu masuk kalender Formula 1 pada 2014.

"Hasil ini luar biasa karena kita tahu bagaimana cepatnya mereka di start, bahkan mencoba mengejar mereka pun susah," kata Hamilton usai lomba.

Hamilton pun kembali naik podium teratas sejak terakhir kali juara di Hungaria pada awal Agustus.

Baca juga: Ferrari miliki paket mobil yang sempurna, kata bos Mercedes

Ferrari membawa Charles Leclerc, yang start dari pole position, untuk melengkapi podium di peringkat tiga setelah adanya kontroversi team order di awal lomba dengan rekan satu timnya, Sebastian Vettel.

Namun, Vettel gagal menyelesaikan balapan karena mengalami kendala teknis padahal sang pebalap Jerman itu tampil kuat pada awal lomba.

Vettel melakukan start dengan baik dari P3, menyalip Hamilton dan Leclerc untuk memimpin lomba dari Tikungan 1 hingga paruh pertama lomba.

Kemudian Leclerc yang mengganti ban soft ke medium lebih awal, yaitu pada lap 23, menyalip Vettel ketika sang pebalap Jerman keluar dari pit empat putaran berselang.

Namun, sang pebalap Monako harus berjuang sendiri bagi Ferrari ketika Vettel mengalami masalah unit generator motor-kinetik (MGU-K) di mobilnya dan terpaksa mengakhiri balapan di lap ke-28.

Baca juga: Hamilton ungguli Verstappen di FP2 GP Singapura
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar