DPRD Temanggung tunggu usulan partai sebagai pimpinan dewan

id pimpinan sementara dprd temanggung

DPRD Temanggung tunggu usulan partai sebagai pimpinan dewan

Pimpinan Sementara DPRD Kabupaten Temanggung Gunawan Adi Purnomo (Heru Suyitno)

Temanggung (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, masih menunggu usulan dari partai politik untuk calon yang akan duduk sebagai pimpinan dewan definitif, kata Pimpinan Sementara DPRD Kabupaten Temanggung Gunawan Adi Purnomo.

"Kami sudah minta empat partai atau fraksi yang mendapat alokasi pimpinan dewan untuk segera mengirimkan calon pimpinan dewan," katanya di Temanggung, Minggu.

Ia menyebutkan empat partai yang mendapat alokasi pimpinan dewan, yakni PDI Perjuangan, PKB, Partai Golkar, dan Partai Gerindra.

Ia mengemukakan sementara ini calon pimpinan dewan yang sudah masuk dari Partai Gerindra. Usulan calon pimpinan dewan ini berdasarkan rekomendasi dari DPP.

"Berdasarkan informasi, kalau dari PDI Perjuangan, dari DPP sudah turun tetapi akan dirapatkan dulu di DPD, kemungkinan minggu depan dari Fraksi PDI Perjuangan sudah masuk, kalau dua partai lainnya kami belum tahu," katanya.

Ia mengatakan semua parpol yang mendapat jatah pimpinan dewan harus mendapat rekomendasi dari DPP, sedangkan DPC hanya mengusulkan meskipun sudah ada aturan-aturannya di SK DPP maupun yang lain.

Ia mencontohkan di PDI Perjuangan ketika ketua DPC menjadi anggota dewan maka secara otomatis ketua DPC yang diusulkan, kalau ketua DPC tidak menjadi anggota dewan maka sekretaris yang diusulkan, meskipun hal itu juga bisa berubah ketika ada kebijakan khusus dari DPC karena melihat kondisi di tingkat DPC masing-masing.

"Memang kadang-kadang agak lama karena menunggu rekomendasi dari pusat, kalau mau menetapkan pimpinan definitif harus menunggu rekomendasi," katanya.

Menyinggung ketua DPRD dari empat pimpinan dewan tersebut, dia menuturkan undang-undang sudah mengamanatkan pemenang pemilu pasti ketua. 

Baca juga: Wajah lama dominasi DPRD Temanggung
Baca juga: DPRD pertanyakan turunnya PAD Temanggung
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar