Hadapi cuaca ekstrem, calon haji Kudus diimbau jaga kesehatan

id calon haji kudus, diimbau jaga kesehatan, untuk hadapi, cuaca ekstrem

Hadapi cuaca ekstrem, calon haji Kudus diimbau jaga kesehatan

Suasana manasik haji di Alun-alun Kudus, Jawa Tengah, Rabu (17/7). (Foto : Akhmad Nazaruddin Lathif)

Kudus (ANTARA) - Kepala Kantor kementerian Agama Kabupaten Kudus, Jawa Tengah Noor Badi mengimbau para jamaah calon haji di daerah itu yang hendak berangkat ke Tanah Suci Mekkah untuk menjaga kesehatan mengingat musim panas dengan suhu yang tinggi tengah melanda Mekkah,  .

"Ibadah haji merupakan ibadah fisik yang membutuhkan stamina yang prima, sehingga sejak awal harus dipersiapkan dengan tidak melakukan aktivitas yang terlalu banyak membutuhkan energi," ujarnya saat memantau pelaksanaan manasik haji di Alun-alun Kudus, Rabu.

Setidaknya, kata dia, ketika badan sehat menghadapi cuaca ekstrem panas tetap bisa beribadah dengan lancar.

Karena itu Ia menyarankan jamaah calon haji ketika berada di Mekkah untuk tidak sering keluar rumah, terkecuali hendak ke masjid.

Kegiatan manasik haji hari ini (17/7) merupakan hasil kerja sama antara Kantor Kemenag Kudus dengan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) JHK Kudus.

Dia mengharapkan nanti ada keseragamaan saat berlangsung ibadah haji di tanah suci setelah sebelumnya mereka juga melakukan manasik haji di tingkat kecamatan dan juga tingkat kabupaten.

Baca juga: Lepas 143 calhaj, Wali Kota Magelang ingatkan jaga kekompakan

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, mayoritas calon haji di Kabupaten Kudus memiliki risiko kesehatan karena hasil pemeriksaan kesehatan medis mayoritas memiliki penyakit bawaan, di antaranya sebanyak 378 jamaah calon haji dinyatakan sehat murni dan boleh berangkat, sedangkan selebihnya calon haji dinyatakan boleh berangkat dengan pendampingan.

Jumlah calon haji asal Kudus yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah sebanyak 1.078 orang yang terbagi menjadi empat kelompok terbang (kloter), yakni kloter 64, 65, 66 dan 67. Dari empat kloter yang diberangkatkan, dua diantaranya kloter utuh dan dua kloter gabungan dengan kabupaten lain.

Adapun rinciannya, untuk kloter 64 berjumlah 238 orang bergabung dengan calon haji dari Kabupaten Jepara, kemudian kloter 65 sebanyak 355 orang dari Kudus, kloter 66 juga berjumlah 355 orang dan kloter 67 sebanyak 130 orang bergabung dengan Kabupaten Banyumas.

Jadwal pemberangkatan calon haji asal Kudus, dimulai tanggal 24 Juli hingga 25 Juli 2019.





 
Pewarta :
Editor: Sumarwoto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar