Hasil laga Grup E, Mali pupuk mimpi kecil jadi yang terbesar

id Mali ,piala afrika

Hasil laga Grup E, Mali pupuk mimpi kecil jadi yang terbesar

Ekspresi para pemain tim nasional Mali selepas mengalahkan Angola 1-0 dalam laga pamungkas penyisihan Grup E Piala Afrika 2019 di Stadion Ismailia, Mesir, Selasa (2/7/2019) setempat. (ANTARA/AFP/Ozan Kose)

Jakarta (ANTARA) - Prestasi terbaik Mali dalam Piala Afrika adalah menjadi runner-up edisi 1976 atau hampir lebih dari empat dasawarsa lalu dan tim berjuluk Pasukan Elang itu memupuk setitik mimpi kecil jadi yang terbesar pada tahun 2019.

Mali memang tak menempuh jalan termulus, namun tim besutan Mohamed Magassouba itu berhasil keluar sebagai juara Grup E di Mesir berbekal raihan tujuh poin.

Setelah menang telak 4-1 atas Mauritania di laga pertama, langkah Mali sempat terjegal hasil imbang 1-1 kontra Tunisia di pertandingan kedua.

Namun, sebuah kemenangan tipis 1-0 atas Angola yang dipersembahkan gol tunggal Amadou Haidara di Stadion Ismailia pada Rabu dini hari WIB berhasil membawa Mali memastikan posisi puncak klasemen akhir Grup E.

Baca juga: Ringkasan Grup A, kesempurnaan "Pasukan Firaun"

Baca juga: Ringkasan Grup B, kejutan Lakon Upik Abu ala Madagaskar


Di waktu bersamaan, Mali juga menghukum Angola (2) untuk pulang lebih awal dari Mesir karena menempati peringkat ketiga dan kalah saing dari peringkat-peringkat ketiga grup lain.

Meski kecil, setitik harapan bagi Mali untuk memperbaiki raihan terbaik mereka di Piala Afrika masih ada jika tampil konsisten sebagaimana mereka perlihatkan di fase penyisihan grup.

Mali melangkah ke babak 16 besar didampingi Tunisia (3), yang lolos berbekalkan tiga hasil imbang dan menempati posisi runner-up.

Tunisia tampil dominan dalam laga pamungkas kontra Mauritania (2), namun dominasi itu tak membuahkan gol dan pertandingan berakhiri imbang 0-0 di Stadion Suez, Rabu dini hari WIB.

Bagi Mauritania hasil imbang tersebut menutup lembaran terakhir mereka dalam penampilan debut di putaran final Piala Afrika.

Di babak 16 besar, Mali akan berhadapan dengan runner-up Grup D Pantai Gading dalam pertandingan yang bakal digelar di Stadion Suez pada Senin (8/7).

Sedangkan Tunisia bertemu jawara Grup F Ghana di Stadion Ismailia pada Selasa (9/7) dini hari WIB.

Baca juga: Ringkasan Grup C, Aljazair membantah prediksi

Baca juga: Ringkasan Grup D, Singa Atlas sempurna tapi minim gol


Hasil pertandingan Grup E:
Tunisia 1 - Angola 1 (Youssef Msakni p-34'; Djalma Campos 73')
Baca juga: Campos antar Angola tahan seri Tunisia
Mali 4 - Mauritania 1 (Abdoulay Diaby 37', Moussa Marega p-45', Adama Traore II 55', Adama Traore 73'; Moctar Sidi El Hacen p-72)
Baca juga: Mali awali perjalanan dengan gasak Mauritania 4-1
Tunisia 1 - Mali 1 (Wahbi Khazri 70'; Diadie Samassekou 60')
Baca juga: Maroko lolos ke 16 besar, Afsel, Mali siap menyusul 
Mauritania 0 - Angola 0
Mali 1 - Angola 0 (Amadou Haidara 37')
Baca juga: Mali melaju ke 16 besar sembari singkirkan Angola
Mauritania 0 - Tunisia 0
Baca juga: Imbangi Mauritania tanpa gol cukup antarkan Tunisia ke 16 besar

Klasemen Grup E
  Tim M M I K Gol P
1 Mali 3 2 1 0 6-2 7
2 Tunisia 3 0 3 0 2-2 3
3 Angola 3 0 2 1 1-2 2
4 Mauritania 3 0 2 1 1-4 2

Baca juga: Ringkasan Grup F, juara bertahan tak meyakinkan


 

Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar