Hamzah Kholifi terpilih jadi Ketua Kwarcab Pramuka Kota Magelang

id kwarcab pramuka kota magelang

Hamzah Kholifi terpilih jadi Ketua Kwarcab Pramuka Kota Magelang

Hamzah Kholifi (kiri) menggantikan Sumartono (kanan) sebagai Ketua Kwarcab Pramuka Kota Magelang (2019-2024) melalui musyawarah di Aula Adipura Kencana Kompleks Kantor Wali Kota Magelang, Rabu (24/4). (Foto: Dok. Humas Pemkot Magelang)

Di organisasi ini, bisa belajar sambil melakukan kegiatan-kegiatan yang menantang. Pramuka menjadi teladan, membangun kemauan, mendorong dan memberi motivasi
Magelang (ANTARA) - Hamzah Kholifi secara aklamasi terpilih menjadi Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Magelang periode 2019-2024 melalui musyawarah di Aula Adipura Kencana, Kompleks Kantor Wali Kota Magelang, Rabu (24/4).

Kholifi yang juga Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik, dan Perlindungan Masyarakat Kota Magelang itu, menggantikan ketua sebelumnya, Sumartono.

Usai dilantik, ia menuturkan komitmennya meneruskan kegiatan pramuka di Kota Magelang dengan lebih baik, salah satunya menambah sumber daya manusia untuk menjadi pelatih dan pembina di sekolah-sekolah.

"Prinsip kami meneruskan program yang sudah berjalan baik dari kepengurusan sebelumnya. Terkait dengan program kerja ke depan, ada beberapa aspirasi yang masuk di antaranya tentang kurangnya pembina dan pelatih pramuka di sekolah," katanya.

Idealnya, katanya, dalam satu kelas di setiap sekolah ada satu pembina Pramuka, sedangkan pelatih berada di luar sekolah. Target ke depan regenerisasi, baik pembina maupun pelatih, berjalan dengan baik.

"Saat ini sudah banyak pembina dan pelatih Pramuka yang sudah tua, sementara gantinya belum ada," katanya.

Pihaknya juga akan memetakan kebutuhan SDM terkait dengan kebutuhan pembina dan pelatih di berbagai gugus depan sampai rasio kebutuhan sesuai harapan.

Ia mengatakan Pramuka merupakan organisasi untuk membentuk karakter bangsa di mana anak-anak yang ikut organisasi itu secara langsung akan terbentuk karakter positif, misalnya lebih respek dan hormat kepada orang karena hal itu sesuai dengan kepanjangan Pramuka, "Praja Muda Karana".

"Praja Muda Karana artinya anak-anak muda yang berkarya, di situ harapan kita Pramuka ikut membentuk karakter bangsa yang baik," katanya.

Pada Musyawarah Cabang Gerakan Pramuka Kota Magelang itu, juga ditunjuk Nur Wiyono sebagai sekretaris dan Ngatiyem sebagai Bendahara Kwarcab Pramuka Kota Magelang periode 2019-2024.

Sumartono mengemukakan sesuai Permendikbud 63/2014, pendidikan Pramuka merupakan pendidikan ekstrakulikuler yang wajib di satuan pendidikan.

Ia mengatakan gerakan Pramuka ikut berperan dalam pembangunan kepribadian, pengembangan potensi diri, dan membangun karakter bangsa.

"Di organisasi ini, bisa belajar sambil melakukan kegiatan-kegiatan yang menantang. Pramuka menjadi teladan, membangun kemauan, mendorong dan memberi motivasi," ujar Sumartono yang saat ini juga menjabat Inspektur Inspektorat Kota Magelang itu. (hms).


 
Pewarta :
Editor: Heru Suyitno
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar