Calhaj Banyumas diimbau untuk vaksinasi meningitis

id meningitis, calhaj, haji

Calhaj Banyumas diimbau untuk vaksinasi meningitis

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Banyumas Purwanto Hendro Puspito, (Foto: ANTARA News/Wuryanti Puspitasari)

Purwokerto (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mengimbau seluruh calon haji di wilayah setempat untuk segera mendatangi puskesmas terdekat guna mendapatkan vaksinasi meningitis.

"Untuk pelaksanaan imunisasi meningitis akan dilaksanakan tanggal 22 April hingga 4 Mei 2019," kata Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas Imam Hidayat melalui Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Purwanto Hendro Puspito, di Purwokerto, Senin.

Dia menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan dinas kesehatan setempat mengenai pelaksanaan vaksinasi meningitis bagi calon haji. "Menurut informasi yang kami terima, tempat pelaksanaan di puskesmas masing-masing. Calon haji telah mendapat surat pemberitahuan dari puskesmas sesuai jadwal masing-masing puskesmas," katanya.

Kemenag berharap pelaksanaan vaksinasi akan berjalan dengan lancar sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan, Kabupaten banyumas, Sadiyanto melalui Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas, dr. Arif Sugiono mengatakan ada sekitar 39 puskesmas yang melaksanakan vaksinasi meningitis.

"39 puskesmas siap melaksanakan vaksinasi meningitis mulai hari ini dan waktu pelaksanaan telah disesuaikan jadwal puskesmas masing-masing," katanya.

Sebelum vaksin, kata dia, akan ada skrining oleh petugas kesehatan, memastikan bahwa pada saat akan disuntik calon haji dalam kondisi sehat. "Pelaksanaan vaksinasi pada calon haji yang sakit akan ditunda, karena vaksinasi tidak boleh diberikan pada kondisi kontraindikasi," katanya.

Dia menambahkan, pelaksanaan vaksinasi telah disesuaikan dengan kedatangan vaksin meningitis dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. "Kami menyesuaikan dengan pasokan vaksin meningitis dari Dinkes Provinsi Jateng," katanya.


 

Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar