Lereng Gunung Merbabu terbakar

id gunung merbabu terbakar

Lereng Gunung Merbabu terbakar

Titil lokasi peristiwa terbakarnya lahan hutan lereng Gunung Merbabu di Desa Ngagrong Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Jumat. (Foto:Dukumen Sukarelawan Pecinta Alam Komunitas Rempala Ampel Boyolali)

     Magelang (Antaranews Jateng) - Kawasan lahan Taman Nasional Gunung Merbabu sisi barat di wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, terbakar pada Minggu sore.

     Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edi Susanto di Magelang, Minggu, mengatakan kebakaran terjadi di atas basecamp Thekelan-Wekas, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang.

     Ia menuturkan sekitar Pukul 16.30 WIB terpantau adanya titik api di sisi barat Gunung Merbabu tersebut, kemudian pihak Taman Nasional Gunung Merbabu bersama para sukarelawan melakukan pemadaman namun api yang cukup besar sehingga sampai saat ini belum padam.
 
   "Pihak Taman Nasional Gunung Merbabu telah melakukan upaya pemadaman secara manual, namun api yang sangat besar sehingga api belum dapat dipadamkan," katanya.

     Menurut Edi Taman nasional Gunung Merbabu telah meminta bantuan kepada instansi terkait, sukarelawan, dan masyarakat untuk melakukan pemadaman pada Senin (15/10)

     Ia menuturkan tidak mungkin menerjunkan personel untuk memadamkan api pada malam hari karena kondisi gelap dan di atas ketinggian sehingga membahayakan bagi sukarelawan.
 
   "Senin pagi kami akan mengerahkan personel BPBD untuk membantu memadamkan api di kawasan Gunung Merbabu," katanya.  
 
Pewarta :
Editor: Immanuel Citra Senjaya
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar