OPD di Jepara diminta optimalkan pengelolaan website

id pengelolaan website

OPD di Jepara diminta optimalkan pengelolaan website

JEPARA - Suasana pelatihan pengelolaan website di kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Kamis (4/12). (Foto: Dok. Humas Pemkab Jepara)

Kudus (Antaranews Jateng) - Organisasi pemerintah daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, diminta untuk mengoptimalkan pengelolaan websitenya agar bisa memenuhi kebutuhan informasi masyarakat Kudus.

"Keberadaan website di era digital seperti sekarang ini sangat menunjang instansi pemerintah dalam menyebarluaskan informasi sehingga masyarakat juga mudah mendapatkan informasi terkini yang diperlukan," kata Kepala Bidang Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jepara Arif Darmawan di Jepara, Kamis.

Untuk itu, lanjut dia, Dinas Kominfo Jepara menyelenggarakan pelatihan bagi admin website OPD dan kecamatan agar pengelolaan website di masing-masing OPD bisa maksimal.

Menurut Arif unsur terpenting dari sebuah website, di antaranya isi dan desain yang baik serta menarik.

Ia berharap masing-masing OPD terus berinovasi agar website yang dikelolanya memiliki konten yang menarik dan informasinya selalu diperbarui.

"Jika website yang sudah ada dikelola dengan baik, dipastikan banyak masyarakat yang mengaksesnya untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan," ujarnya.

Website yang dikelola oleh OPD saat ini, kata dia, lebih fokus ke profil OPD, kemudian jenis-jenis layanan yang diberikan serta alur pelayanannya.

Berdasarkan data dari Diskominfo Kabupaten Jepara, tercatat ada sebanyak 48 website instansi pemerintahan.

"Hanya saja, masih banyak website milik OPD yang belum dikelola secara optimal. Baik dari tampilan website dan informasi yang kurang update menjadi salah satu materi dalam pembekalan pelatihan tersebut," ujarnya.

Ia mengingatkan bahwa website pemerintah merupakan salah satu strategi dalam melaksanakan pengembangan e-government secara sistematik, realistik dan terukur, guna memberikan pelayanan publik serta informasi kepada masyarakat.

"Tujuan disediakannya website di masing-masing OPD agar publik mudah memperoleh informasi dan layanan publik," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Heru Suyitno
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar