Tarik wisatawan, Pokdarwis didorong susun paket wisata

id solo carnival

Tarik wisatawan, Pokdarwis didorong susun paket wisata

Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo dengan mengenakan kostum Jathayu ikut kirab Solo Batik Carnival di Solo, Sabtu (Foto: Bambang Dwi Marwoto)

Solo (Antaranews Jateng) - Dinas Pariwisata Pemerintah Kota Surakarta mendorong kelompok sadar wisata (pokdarwis) yang ada di setiap kelurahan membuat paket wisata agar menarik makin banyak wisatawan untuk datang ke Kota Solo, Jawa Tengah.

"Paket wisata ini sangat penting, kami sudah melatih pokdarwis untuk membuat paket wisata yang menarik," kata Kepala Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Surakarta Iis Purwaningsih, di Solo, Kamis.

Ia mengatakan yang menarik dari paket wisata ini adalah potensi yang ada di setiap daerah tidak sama, sehingga akan meningkatkan keinginan wisatawan untuk mencobanya satu per satu.

"Misalnya di Sudiroprajan dengan Gebrek Sudironya dan Solo Imlek Festival. Di sana juga ada makanan yang bervariasi seperti chinese food, jual babi kuah. Ini kan ada peminatnya," katanya.

Dia mengatakan, kondisi tersebut berbeda dengan daerah Pasar Kliwon yang didominasi oleh masyarakat etnis Timur Tengah.

Menurut dia, akan ada potensi lain yang tidak kalah menarik, seperti beberapa waktu lalu acara Haul Habib Ali Bin Muhammad Al Habsyi yang diselenggarakan di Masjid Ar Riyadh.

Ia mengatakan pula, untuk mengoptimalkan potensi tersebut, pokdarwis setempat diajari menjual paket wisata, tidak khusus di kelurahan tersebut tetapi juga harus digabungkan dengan destinasi lain yang tidak kalah menarik di Kota Solo.

"Seperti misalnya keraton, museum, Jurug, Balekambang. Selain itu ada juga Kampung Batik Laweyan dengan wisatawan yang berkunjung bisa sekaligus belajar membatik," katanya.

Pihaknya optimistis dengan adanya pengalaman tersebut masyarakat akan tertarik lagi untuk datang dan mencoba kembali pengalaman tersebut.

Iis menyebutkan jumlah pokdarwis di Kota Solo saat ini sebanyak 51 pokdarwis sesuai dengan jumlah kelurahan yang ada di kota tersebut.

"Dengan banyak pokdarwis ini harapan kami jumlah paket wisata yang ada juga lebih banyak. Selanjutnya akan memberikan dampak positif terhadap jumlah wisatawan yang masuk ke Solo," katanya pula.

Sebelumnya, Iis mengatakan target jumlah wisatawan yang masuk ke Solo pada tahun ini sekitar 4.750.000 wisatawan.

Menurutnya, target tersebut meningkat dibandingkan realisasi jumlah wisatawan tahun lalu yang mencapai 4.459.884 wisatawan.
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar