Polres Wonosobo sterilisasi gereja jelang Natal 2019

id polres wonosobo, sterilisasi gereja

Polres Wonosobo sterilisasi gereja jelang Natal 2019

Polisi melakukan sterilisasi beberapa gereja di Wonosobo menjelang perayaan Natal 2019. ANTARA/HO-Humas Polres Wonosobo

Wonosoibo (ANTARA) - Tim Kepolisian Resor Wonosobo, Jawa Tengah, dipimpin Kapolres Wonosobo, AKBP Abdul Waras, Senin, melakukan sterilisasi beberapa gereja menjelang perayaan Natal 2019.

Dalam kegiatan tersebut, Polres Wonosobo menerjunkan 11 personel dari Dalmas dan unit satwa Polres Wonosobo.

Berbekal metal detektor dan satu ekor satwa, mereka menyisir setiap sudut ruang gereja.

Baca juga: Tim Jibom Polda Jateng sterilkan belasan gereja di Solo

Menurut Abdul Waras, sterilisasi ini sengaja digelar untuk mempersiapkan jalannya ibadah malam Natal dan ibadah Natal esok harinya.

Selain pengamanan dari personel TNI dan Polri, kata dia, sterilisasi dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan dalam beribadah.

"Keamanan tidak bisa hadir begitu saja, harus diusahakan bersama. Maka dari itu, selain kami terjunkan anggota Polres dan Kodim 0707 untuk mengamankan gereja selama rangkaian ibadah Natal, dilaksanakan juga sterilisasi," katanya.

Kapolres menyampaikan sterilisasi ini sebagai langkah pencegahan adanya barang atau hal-hal mencurigakan di lingkungan gereja.

"Sementara ini kami masih melakukan sterilisasi di gereja seputar kota. Namun, tidak menutup kemungkinan nanti gereja-gereja di wilayah kecamatan lain juga akan disterilisasi," kata Abdul Waras.

Dengan adanya pengamanan di gereja-gereja maupun pos-pos pengamanan, dia berharap dapat memberi keamanan dan kenyamanan bagi umat Nasrani yang melaksanakan ibadah maupun masyarakat yang tengah menikmati liburan. 

Baca juga: Tim Gegana sterilisasi tujuh gereja di Purwokerto
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar