OPD Jepara diminta percepat pelaksanaan pembangunan fisik

id Pemkab jepara

OPD Jepara diminta percepat pelaksanaan pembangunan fisik

Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi. ANTARA/Dokumentasi

Jepara (ANTARA) - Pelaksana Tugas Bupati Jepara, Jateng, Dian Kristiandi meminta organisasi perangkat daerah (OPD) mempercepat pelaksanaan kegiatan fisik dan penyerapan anggaran APBD 2019.

"Berdasarkan laporan dari dari Bagian Pembangunan dan Pengadaan Barang/Jasa Sekda Jepara disebutkan secara kumulatif dari rata-rata target pembangunan fisik 88,47 persen, baru teralisasi 84,77 persen," ujarnya dalam rakor Pengendalian Operasional Kegiatan (POK) APBD Kabupaten Jepara Tahun 2019 di Jepara, Jateng, Kamis.

Dengan demikian, lanjut dia, masih kurang 3,7 persen dari target yang ditetapkan.

Baca juga: Tiap tahun, OPD Jateng diwajibkan berinovasi

Untuk itulah, kata dia, perlu ada percepatan pengerjaan proyek fisik serta penyerapan anggarannya juga perlu ditingkatkan ketika pelaksanaan proyeknya sudah memenuhi target.

Ia mencatat masih ada beberapa kegiatan fisik yang bersumber dana dari APBD Perubahan serta bantuan provinsi lewat APBD Perubahan Provinsi Jateng 2019 yang saat ini sedang proses.

Kendati masih di bawah target tahun ini, Dian mengaku, cukup puas dengan kinerja penyerapan anggaran dan kinerja capaian proyek pembangunan fisik tersebut.

Pasalnya, kata dia, jika dibandingkan tahun lalu pada periode yang sama, capaian kegiatan fisik telah mengalami peningkatan sebesar dua persen.

Demikian pula, untuk realisasi penyerapan anggarannya, kata dia, dari 64 persen pada tahun lalu, kini meningkat menjadi 68 persen atau naik sekitar empat persen.

"Hal terpenting semua pihak terus melakukan pengawasan. Jangan sampai ada pimpinan perangkat daerah yang tidak mengetahui, apa yang dilakukan jajarannya," ujarnya.

Melalui evaluasi ini, Dian tetap meminta seluruh perangkat daerah untuk meningkatkan momentum penyerapan anggaran dan kinerja capaian fisik.

Terutama terkait dengan upaya memacu pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Jepara, sekaligus mempersiapkan pembangunan pada tahun depan sehingga pada akhirnya proses pembangunan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Sekda Jepara Edy Sujatmiko berharap capaian secara umum bisa sesuai dengan capaian target, baik tepat mutu maupun administrasi, khususnya bagi perangakat daerah yang terdapat paket pekerjaan besar.

Baca juga: OPD di Kudus wajib sajikan kopi Muria
Baca juga: OPD Kabupaten Kudus diminta besarkan PD Percetakan
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar