Regu putra bulu tangkis Indonesia tantang Malaysia di final SEA Games

id Anthony Sinisuka Ginting,SEA Games,Filipina

Regu putra bulu tangkis Indonesia tantang Malaysia di final SEA Games

Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak/am.

Jakarta (ANTARA) - Tunggal kedua Indonesia Anthony Sinisuka Ginting memastikan regu bulu tangkis putra Indonesia menang 3-0 atas Thailand di Muntilupa Sport Complex, Manila, Senin malam, dan melaju ke babak final untuk memperebutkan medali emas melawan regu Malaysia.

Ginting yang tampil di SEA Games menggantikan posisi Daniel Marthin menang atas Thammasin Sitthikom dalam dua gim langsung, 21-14 dan 21-13 untuk menggenapi kemenangan 3-0 Indonesia atas Thailand, setelah dua angka sebelumnya dipersembahkan Jonatan Christie dan pasangan Fajar Alfian/Muhamad Rian Ardianto.

Baca juga: Beregu putri bulu tangkis Indonesia tantang Thailand di final

Jonatan membuka angka untuk Indonesia setelah menyudahi perlawanan tunggal utama Thailand, Wangcharoen Kantaphon, melalui pertandingan tiga gim, 22-20, 8-21, dan 21-8. Angka kedua dipersembahkan Fajar/Rian yang bertarung seru tiga gim dengan Bodin Isara/Jongjit Maneepong. Fajar/Rian menang dengan skor 22-20, 18-21, dan 21-17.

Dengan kemenangan Jonatan dkk atas Thailand, Indonesia berarti menempatkan dua regu di babak final, setelah sebelumnya Gregoria Mariska dkk melaju ke final nomor beregu putri dengan mengalahkan Singapura 3-1.

Pada babak final, regu putera akan berhadapan dengan musuh bebuyutan regu Malaysia yang pada babak semifinal menyudahi perlawanan Singapura 3-0. sedangkan regu putri akan menantang favorit juara regu Thailand yang di semifinal menang atas Malaysia 3-0.

Baca juga: Beregu Putri bulu tangkis Indonesia maju ke semifinal

Indonesia menargetkan dua medali emas dari cabang bulu tangkis pada SEA Games 2019. Kedua medali emas tersebut diperkirakan akan diraih dari nomor beregu putra dan ganda putra. Untuk mencapai target dua medali emas tersebut, Pengurus Besar Persatuan Bulutangkis seluruh Indonesia (PBSI) sedikit merombak susunan pemain yang diboyong ke SEA Games dengan memasukkan Anthoni Ginting menggantikan pemain muda Daniel Marthin.

Kehadiran Ginting diharapkan bisa memperkuat regu Indonesia, terutama di sektor tunggal.

Baca juga: Bulu Tangkis putra langsung ke semifinal, putri hadapi Vietnam

Baca juga: Indonesia pertahankan formasi saat hadapi Singapura di semifinal


“Kami memang mengajukan perubahan nama dari Daniel diganti Anthony Sinisuka Ginting. Alasannya untuk memperkuat tim dan mengamankan medali di SEA Games dari beregu putra. Ginting untuk memperkuat tunggal putra. Karena dari sektor ganda, belum pasti bisa menyumbang dua poin,” kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PP PBSI Susy Susanti.

Menurut Susy, Ginting memperkuat tim Indonesia di pertandingan beregu bersama Jonatan Christie, Shesar Hiren Rhustavito dan Firman Abdul Kholik. Namun Anthony dan Jonatan tidak akan turun di nomor perorangan karena mempersiapkan diri untuk BWF World Tour Finals 2019 di Guangzhou, Tiongkok pada 11-15 Desember 2019.,

“Anthony Ginting dan Jonatan Christie akan bermain di nomor beregu saja. Karena persiapan pertandingan World Tour Final di Guangzhou,” kata mantan pebulu tangkis nomor wahid di dunia itu.
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar