ACT distribusikan 250 hewan kurban di Soloraya

id Act, hewan kurban

ACT distribusikan 250 hewan kurban di Soloraya

Ilustrasi-Syukuran kurban yang dilakukan oleh ACT (Foto: dokumentasi ACT)

Solo (ANTARA) - Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Surakarta, Jawa Tengah,  mendistribusikan sebanyak 250 hewan kurban di wilayah Soloraya pada Idul Adha 2019.

"Wilayah yang menjadi prioritas 'Global Qurban ACT' dalam mendistribusikan hewan kurban, yaitu wilayah dengan taraf ekonomi yang rendah," kata Kepala Cabang ACT Surakarta Septi Endrasmoro di Solo, Selasa.

Ia mengatakan wilayah dengan taraf ekonomi rendah, yaitu rawan kekeringan dan daerah-daerah yang sangat membutuhkan bantuan hewan kurban.

Ia mengatakan hewan kurban yang didistribusikan oleh ACT tersebut didatangkan dari Lumbung Ternak Wakaf (LTW) milik Global Wakaf-ACT yang berada di Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

"Secara keseluruhan ACT rencananya akan mendistribusikan hewan kurban di 265 kabupaten/kota yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia dan 50 negara di penjuru dunia," katanya.

Baca juga: DMII-ACT ajak warga tingkatkan kewaspadaan potensi Sunda Megathrust

Sementara itu, Tim Implementasi Program ACT Surakarta Ardiyan mengatakan selain mendistribusikan hewan kurban, ACT juga akan menggelar acara syukuran kurban.

"Untuk di Soloraya rencananya akan ada dua titik tempat untuk acara tersebut, yaitu di Desa Plosombo Kabupaten Sragen dan di Pucang Sawit, Kecamatan Jebres, Surakarta," katanya.

Ia mengatakan Desa Plosombo merupakan salah satu desa penerima program wakaf sumur dari Global Wakaf-ACT. Sedangkan untuk pelaksanaan syukuran di Puncang Sawit merupakan hasil kolaborasi dengan komunitas penyandang disabilitas.

Sementara itu, penyaluran hewan kurban menjadi salah satu kegiatan sosial yang dilakukan oleh ACT. Kegiatan lain yang rutin dilakukan, yaitu selama musim kemarau lembaga tersebut aktif mendistribusikan bantuan air bersih ke beberapa daerah yang terdampak kekeringan.

Baca juga: ACT bagikan bantuan kemanusiaan kepada warga binaan Rutan Boyolali
Baca juga: ACT ikut berperan bangun keluarga
Baca juga: ACT bantu air bersih di Solo dan sekitarnya

 
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar