Harga bawang putih di Indramayu "terjun bebas"

id harga bawang putih

Harga bawang putih di Indramayu "terjun bebas"

Seorang pedagang menunjukkan bawang putih, Kamis (9/5). Harga bawang putih di Indramayu turun drastis dari Rp60 ribu per kilogram menjadi Rp40 ribu dan ini dikarenakan stok sudah banyak. (ANTARA/Khaerul Izan)

Indramayu (ANTARA) - Memasuki hari ke-4 bulan Ramadhan 1440 Hijriyah harga bawang putih di pasar tradisional Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, "terjun bebas" dari semula Rp60.000 per kilogram, saat ini dijual Rp40.000 per kilogram atau terpangkas 33,3 persen.

"Harganya sudah turun, sekarang saya jual per kilonya Rp40.000," kata seorang pedagang bumbu dapur di Pasar Tradisional Indramayu Titi di Indramayu, Jawa Barat, Kamis.

Menurutnya penurunan harga bawang putih mulai terjadi pada Rabu (8/5). Harga yang semula Rp60.000 langsung turun menjadi Rp40.000 per kilogram. Padahal sehari sebelumnya harga masih termasuk tinggi.

"Pas beli ke distributor kaget juga karena harga langsung turun banyak," ujar Titi.

Dia mengatakan pada awal Ramadhan untuk membeli bawang putih juga sempat dibatasi, karena tidak adanya stok. Namun saat ini beli berapapun sudah dilayani.

Hal senada dikatakan pedagang lainnya, Juha. Menurut dia harga bawang putih sudah murah, tidak semahal beberapa hari yang lalu dan mendapatkannya pun mudah.

"Sekarang sudah ada yang keliling, kemarin belinya saja susah," katanya.

Namun, lanjut Juha, penurunan harga tersebut belum mencapai normal, karena untuk harga normal bawang putih pada kisaranRp20.000-Rp25.000per kilogram.

"Harganya belum normal, ini masih termasuk mahal. Tapi kayaknya beberapa hari ke depan harga akan terus turun," ujar Juha.
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar