Lebaran 2019, Kemenhub-KAI kembali sediakan angkutan sepeda motor gratis

id angkutan motis

Lebaran 2019, Kemenhub-KAI kembali sediakan angkutan sepeda motor gratis

Dokumentasi - Sejumlah sepeda motor yang baru diturunkan dari KA Angkutan Motis di Stasiun Purwokerto pada masa Angkutan Lebaran 2018. (Foto: Sumarwoto)

Purwokerto (ANTARA) - Kementerian Perhubungan bersama PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali menyediakan angkutan sepeda motor gratis (motis) pada masa Angkutan Lebaran 2019, kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto Supriyanto.

"Angkutan motis ini kembali disediakan sebagai upaya untuk mengurangi kecelakaan dan kepadatan kendaraan di jalan raya saat Angkutan Lebaran 2019," katanya di Purwokerto, Jawa Tengah, Rabu.

Menurut dia, angkutan motis diselenggarakan selama 13 hari, yakni tujuh hari pada masa arus mudik mulai tanggal 27 Mei hingga 2 Juni dan enam hari pada masa arus balik mulai tanggal 8 Juni hingga 13 Juni 2019.

"Total kapasitas sepeda motor yang dapat diangkut setiap harinya adalah 1.392 sepeda motor atau total 18.096 sepeda motor selama 13 hari pelaksanaan," jelasnya.

Ia mengatakan dalam pelaksanaan Angkutan Motis 2019, terdapat tiga relasi yang dilayani PT KAI (Persero), yakni Lintas Utara dari Stasiun Jakarta Gudang menuju Stasiun Surabaya Pasarturi melalui Lemah Abang, Cirebon Prujakan, Tegal, Pekalongan, Semarang Tawang, Ngrombo, Cepu, Bojonegoro, dan Babat.

Selain itu, Lintas Selatan 1 dari Stasiun Jakarta Gudang menuju Stasiun Kutoarjo melalui Lemah Abang, Cimahi, Kiaracondong, Sidareja, Kroya, Gombong, dan Kebumen, serta Lintas Selatan 2 dari Stasiun Jakarta Gudang menuju Stasiun Surabaya Pasarturi melalui Lemah Abang, Cirebon Prujakan, Purwokerto, Kroya, Kutoarjo, Lempuyangan, Klaten, Purwosari, Madiun, Kertosono, Jombang, dan Mojokerto.

"Untuk mengikuti program ini, masyarakat diwajibkan mendaftar secara 'online' atau langsung di posko motis yang ada di Stasiun Jakarta Gudang, Bekasi, Jatinegara, Kemayoran, Cikarang, Cimahi,  Kiaracondong, Depok Baru, dan Tangerang," katanya.

Supriyanto mengatakan pendaftaran secara "online" atau daring dilakukan pada tanggal 12 Maret hingga 25 Mei 2019 melalui laman situs mudikgratis.dephub.go.id.

Sementara untuk pendaftaran di stasiun terdiri atas pendaftaran angkutan motis disertai pembelian tiket KA ekonomi komersial dan KA ekonomi bersubsidi selama kuota masih tersedia dilaksanakan pada tanggal 12 Maret hingga 13 Mei 2019, sedangkan pendaftaran pada tanggal 14-25 Mei dan angkutan motis untuk "contra flow" atau daerah yang dilakukan di stasiun-stasiun persinggahan KA Angkutan Motis pada tanggal 28 April hingga 12 Juni tanpa pembelian tiket KA ekonomi komersial dan KA ekonomi bersubsidi.

"Syarat dan ketentuan terkait dengan pendaftaran angkutan motis ini selengkapnya dapat dibuka pada situs mudikgratis.dephub.go.id atau menghubungi 'Contact Center Kemenhub' di nomor telepon 151," katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan PT KAI (Persero) menyediakan total 58.088 tempat duduk bagi para pendaftar angkutan motis yang terbagi atas arus mudik sebanyak 32.436 tempat duduk dan arus balik sebanyak 25.652 tempat duduk. 

Menurut dia, tiket KA penumpang yang mendaftar sebagai peserta angkutan sepeda motor gratis tidak dapat dilakukan perubahan jadwal maupun dibatalkan. 

"Ada 13 KA penumpang yang melewati wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto dan mendukung tiket peserta angkutan motis," katanya.

Ia mengatakan 13 KA penumpang itu terdiri atas KA Kahuripan relasi Kiaracondong-Blitar, KA Bengawan relasi Pasar Senen-Purwosari, KA Kutojaya Utara relasi Pasar Senen-Kutoarjo, KA Kutojaya Selatan relasi Kiaracondong-Kutoarjo, KA Serayu relasi Pasarsenen-Kiaracondong-Purwokerto, KA Pasundan relasi Kiaracondong-Surabaya Gubeng.

Selain itu, KA Gaya Baru Malam Selatan relasi Pasar Senen-Surabaya Gubeng, KA Progo relasi Pasar Senen-Lempuyangan, KA Kutojaya Utara Tambahan relasi Pasar Senen-Kutoarjo, KA Pasundan Lebaran relasi Kiaracondong-Surabaya Gubeng, KA Gajahwong relasi Pasar Senen-Lempuyangan, KA Singasari relasi Pasar Senen-Blitar, dan KA Logawa relasi Purwokerto-Jember.

"Berdasarkan data angkutan motis di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto pada tahun 2017, jumlah sepeda motor yang turun (datang, red.) sebanyak 2.891 unit dan naik (berangkat, red.) sebanyak 2.302 unit, sedangkan tahun 2018 tercatat sebanyak 3.017 unit yang turun dan 3.291 unit yang naik. Sementara untuk program tahun 2019 ditargetkan sebanyak 3.248 unit yang turun dan 3.248 unit yang naik," katanya.

Sementara dalam keterangan tertulisnya, Direktur Utama PT KAI (Persero) Edi Sukmoro mengatakan pihaknya mendukung penuh program pemerintah yang berkaitan dengan angkutan sepeda motor gratis tersebut.

Dengan menggunakan moda transportasi kereta api, kata dia, keselamatan para pemudik akan meningkat. 

"KAI akan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat yang telah mempercayakan motornya kepada KAI pada Angkutan Lebaran 2019 ini," katanya. 
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar