Pati habiskan Rp314,24 miliar garap 550 paket proyek pembangunan

id proyek pembangunan, di pati,habiskan,anggaran rp314.24 miliar

Pati habiskan Rp314,24 miliar garap 550 paket proyek pembangunan

Bupati Pati Haryanto berjalan di depan monumen bandeng di Jalan Lingkar Selatan Pati, Desa Sokokulon, Kecamatan Margorejo, Pati, Rabu (9/1). (Foto: Dokumentasi)

Pati (Antaranews Jateng) - Pemerintah Kabupaten Pati, Jawa Tengah, sepanjang tahun 2018 menggelontorkan anggaran sebesar Rp314,24 miliar untuk mendukung pelaksanaan 550 paket proyek pembangunan di berbagai bidang, kata Bupati Pati Haryanto.
 
"Ratusan proyek pembangunan tersebut, sebagian untuk pembangunan akses jalan, jembatan, Puskesmas, pasar serta drainase," ujarnya saat peresmian 550 proyek pembangunan yang dipusatkan di monumen bandeng di Jalan Lingkar Selatan Pati, Desa Sokokulon, Kecamatan Margorejo, Pati, Rabu.
 
Ia menegaskan bahwa tujuan dari seluruh proyek tersebut untuk kesejahteraan masyarakat.
 
Berdasarkan pengalaman selama ini, kata dia, upaya pemkab melaksanakan pembangunan di berbagai bidang telah membuahkan hasil yang dibuktikan dengan jumlah warga miskin di Pati versi BPS mengalami penurunan karena saat ini hanya tersisa 9,9 persen.
 
Hal itu, lanjut dia, sejalan dengan slogan "Nata Praja Mbangun Desa" yang memiliki tujuan mulia untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga tidak terjadi kesenjangan yang mencolok antara penduduk miskin dan kaya.
 
Asisten Pemerintahan Sekda Kabupaten Pati Sudiyono sebagai ketua panitia peresmian menyampaikan bahwa selama kurun waktu 2018 Pemkab telah menyelesaikan proyek pembangunan sebanyak 550 pekerjaan.
 
Proyek pembangunan dengan dukungan dana sebesar Rp314,24 miliar bersumber dari dana alokasi umum dan daerah, dana dari Pemerintah Pusat, dan dari pemerintah provinsi.
 
Dari total 550 proyek pembangunan yang dilaksanakan, diantaranya ada 145 pekerjaan peningkatan Jalan Juwana-Guyangan dan Jalan Cengkalsewu hingga perbatasan Kudus.
 
Selain itu, ada pula 65 paket proyek drainase yakni, perbaikan drainase dan trotoar di Jalan Kiai Saleh serta perbaikan drainase dan trotoar Jalan Pati-Gembong.
 
Untuk proyek pembangunan gedung sebanyak 197 pekerjaan, meliputi pembagunan Puskesmas di Kecamatan Trangkil, revitalisasi pasar Juwana, serta tiga paket pekerjaan jembatan di Kecamatan Gabus.
 
"Pemkab Pati juga membangun lima taman, yakni Taman Bandeng di ujung barat Jalan Lingkar Selatan dan taman masuk Juwana di sisi barat," ujarnya.
 
Sementara sebanyak 135 paket proyek infrastruktur lainnya, berupa pemasangan lampu penerangan jalan umum tenaga surya dan pembangunan SPAM di Gesengan, Kecamatan Cluwak.
 
Ia berharap pembangunan tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat, serta bisa meningkatkan kemajuan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.
Pewarta :
Editor: Nur Istibsaroh
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar