185 petugas sukses jinakkan api di hutan di lereng Merbabu

id hutan terbakar, lereng merbabu

185 petugas sukses jinakkan api di hutan di lereng Merbabu

Titik lokasi terbakarnya lahan hutan lereng Gunung Merbabu di Desa Ngagrong Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Jumat. (Foto: Dok. Sukarelawan Pecinta Alam Komunitas Rempala Ampel Boyolali)

Magelang (Antaranews Jateng) - Sebanyak 185 personel dari sejumlah unsur, yakni petugas Taman Nasional Gunung Merbabu, TNI, Polri, BPBD Kabupaten Magelang, dan sukarelawan berhasil menjinakkan api yang membakar kawasan hutan di lereng Gunung Merbabu di wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Senin.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Magelang Edy Susanto di Magelang, Senin, mengatakan sejumlah personel tersebut memadamkan kebakaran yang terjadi di sisi barat Gunung Merbabu di atas Basecamp Thekelan-Wekas, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang.  

Kawasan lahan di lereng Gunung Merbabu tersebut dilaporkan mengalami kebakaran sejak Minggu (14/10) sekitar pukul 16.30 WIB.

Edy mengatakan sejumlah personel tersebut melakukan pemadaman kebakaran secara manual dari pukul 10.00 hingga pukul 12.00 WIB.

"Sekitar pukul 12.00 WIB api sudah bisa dipadamkan, kemudian tim pemadaman kebakaran beristirahat di Pos 2 pendakian via Bacecamp Kedakan-Wekas Pakis," katanya. 

Ia menuturkan pukul 12.12 WIB terpantau titik api di atas Desa Genikan, Kecamatan Ngablak.

Kemudian tim pemadaman menuju ke titik api yang berada di atas Desa Genikan, Kecamatan Ngablak tersebut dan kebakaran langsung bisa dipadamkan.

Edy menyampaikan sekitar pukul 12.30 WIB kembali muncul titik api baru di lereng Gunung Merbabu yang masih masuk wilayah Kabupaten Magelang, tepatnya di pemancar milik TNI yang sudah tidak digunakan. 

 
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar