"Smart IT Fest" kenalkan produk mahasiswa UNS

id Uns, festival

Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengenalkan produk mahasiswa kepada masyarakat melalui pergelaran "Smart IT Fest" yang diselenggarakan di Atrium Hartono Mal dari tanggal 20-22 September 2018 (Foto: dokumentasi UNS)



     Sukoharjo (Antaranews Jateng) - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengenalkan produk mahasiswa kepada masyarakat melalui pergelaran "Smart IT Fest" yang diselenggarakan di Atrium Hartono Mal dari tanggal 20-22 September 2018.

 

   "'Smart IT Fest' ini menampilkan produk yang merupakan tugas akhir dari mahasiswa D3 Teknik Informatika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)," kata Dekan FMIPA UNS Ari Handono Ramelan di Sukoharjo, Jumat.



     Ia mendorong melalui kegiatan tersebut produk tugas akhir yang dihasilkan mahasiswa bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas dan juga industri. Oleh karena itu, dikatakannya, UNS perlu melakukan kerja sama dengan dunia industri untuk berbagi pengetahuan.



     "Harapannya ke depan kegiatan semacam ini bisa melibatkan dunia industri, dengan begitu mahasiswa bisa tahu produk seperti apa yang dibutuhkan oleh sektor industri," katanya.



     Kepala Program Studi D3 Teknik Informatika FMIPA Abdul Azis mengatakan tujuan awal diselenggarakannya kegiatan tersebut sebagai sarana untuk mengenalkan produk yang dihasilkan mahasiswa D3 TI kepada masyarakat luas. 

 

   "Meski demikian, seiring dengan perkembangan zaman, kegiatan tersebut bukan hanya pameran produk tetapi juga sebagai sarana mengedukasi masyarakat," katanya.

 

   Adapun, salah satu produk unggulan dari D3 TI adalah permainan "virtual reality" (VR) museum Karst Wonogiri dan Museum Sangiran. Ia berharap melalui permainan VR tersebut masyarakat terutama anak-anak akan lebih tertarik belajar tentang batuan karst dan juga kehidupan manusia purba. 

 

   Sementara itu, dikatakannya, kegiatan tersebut mendorong mahasiswa dan masyarakat untuk mengikuti perkembangan teknologi informasi.



     "Jika tidak maka akan tergilas oleh zaman," katanya.



     Ia berharap dengan pergelaran Smart IT Fest, D3 TI menjadi prodi unggulan di UNS untuk membuat produk-produk yang bisa dimanfaatkan oleh pihak lain.



 
Pewarta :
Editor: Immanuel Citra Senjaya
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar