Polresta Surakarta siapkan rekayasa jalur mudik

id Polresta Surakarta , siap sambut pemudik

Polresta Surakarta siapkan rekayasa jalur mudik

Kasat Lantas Polresta surakarta Kompol Imam Safii (dua dari kanan) saat memimpin latihan olah tempat kejadian perkara kecelakaan lalu lintas di kawasan Jalan Kotabarat Solo. (Foto:Bambang Dwi Marwoto)

Solo (Antaranews Jateng) - Satuan Lalu Lintas Polres Kota Surakarta mempersiapkan lebih dini rekayasa jalur utama untuk menyambut para pemudik Lebaran 2018 di Kota Solo, mulai H-8 hingga H+8 Idul Fitri 1439 Hijriah.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Surakarta Kompol Imam Safii, di Solo, Selasa, mengatakan pihaknya sudah mempersiapkan pengamanan jalur mudik untuk wilayah Kota Surakarta terutama dampak dari overpass di simpang tiga Kerten Laweyan dengan menyiapkan pos pantau di empat titik.

Menurut Imam Safii untuk Pospam didirikan empat titik jalur lalu lintas Surakarta antara lain di Simpang Tiga Faroka, Jalan Slamet Riyadi/Sudirman Gladag, Palang Joglo Nusukan dan pintu masuk/keluar Tol Soker di Banyuanyar.

Imam Safii mengatakan untuk wilayah Surakarta menyambut arus mudik jalur utama melalui Jalan Adi Sucipto, Ahmad Yani,. Letjen Suprapto, Palang Joglo Nusukan. Di Palang Joglo yang krosial nanti diantisipasi dengan adanya Pospam, kemudian ?di wilayah Klodran pintu masuk/keluar Tol Soker jika difungsionalkan dengan mempersiapkan Pospam di Banyuanyar.

"Jalur semua ini, merupakan jalan utama mudik masuk Kota Solo yang sudah dipersiapkan," kata Kasat Lantas?

Menyinggung soal jalur rawan kemacetan dengan dipasang pembatas jalan di tengah (barikade), Kasat Lantas menjelaskan sudah dipasang semuanya terutama di jalur Kerten Jalan Ahmad Yani dan Adi Sucipto.

"Kami menyambut para pemudik masuk Kota Solo dengan menurunkan sebanyak 480 personel, dan 150 personel khusus anggota Satlantas siap mengamankan jalur lalu lintas," kata Kasat Lantas.

Menyinggung soal rekayasa lalu lintas terutama jalur rawan kemacetan di Jalan Slamet Riyadi kawasan Purwosari, kata Kasat Lantas, pihaknya sudah melakukan hingga sekarang.?

"Kondisi arus lalu lintas di kawasan Puwosari tidak macet, tetapi kendaraan harus mengantre karena palang ditutup sementara ada kereta api yang melintas," kata Kasat Lantas.

Kasat Lantas menjelaskan dengan dioperasikan Jalan Tol Soker terutama jalur Solo-Sragen pada arus mudik Lebaran tahun ini, tentunya akan sangat membantu lancarnya arus lalu lintas di dalam Kota Solo.

"Dioperasikan Tol Soker dampaknya sangat signifikan akan mengurangi kepadatan di dalam kota. Dampaknya sangat luar biasa pengaruhnya bagi Surakarta mengurangi kepadatan lalu lintas," katanya.

Menurut Kasat Lantas Polresta Surakarta untuk pendirian Pospam hingga sekarang sudah proses, dan mulai beroperasi diperkirakan pada tanggal 7 Juni hingga 21 Juni mendatang.

"Kami mencatat jalur rawan kemacetan di Kerten, sehingga petugas akan memecah arus lalu lintas dari arah barat (Semarang) sebagian dialihkan Jalan Profesor Suharso dan sebagian lurus melalui Slamet Riyadi, kata Imam Safii. 
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar