Cilacap (ANTARA) - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap resmi meluncurkan program Pertiwi di Gedung Patra Graha, Cilacap, Jawa Tengah, pada Selasa (24/9). 

Program ini merupakan wujud komitmen perusahaan dalam mendukung inklusivitas dan pemberdayaan perempuan, serta memperkuat prinsip keberlanjutan. 

Pertiwi, yang berarti Perempuan Pertamina Tangguh, Inspiratif, Wibawa, dan Integritas, diharapkan dapat menjadi komunitas yang mendukung kesetaraan gender di lingkungan kerja.

Acara peluncuran diawali dengan penampilan grup karawitan gending Wijayakusuma dari Persatuan Wanita Patra (PWP) RU IV yang menyambut kehadiran General Manager (GM) RU IV Wahyu Sulistyo Wibowo beserta manajemen dan tamu undangan. 

Dalam sambutannya, GM Wahyu menyatakan bahwa program ini penting dalam menciptakan iklim kerja yang inklusif dan memberdayakan perempuan. 

"Peran perempuan sangat krusial dalam pembangunan peradaban. Dengan hadirnya Pertiwi, semoga peran strategis perempuan di RU IV semakin kuat dalam mendukung visi perusahaan," tegas Wahyu.

Chairman Pertiwi RU IV Cilacap Diana Suciati menjelaskan bahwa program ini memiliki empat pilar utama: Development, Wellbeing, Sustainability, dan Partnership and Communication. 

Di bawah pilar Development, program ini mencakup seminar pengembangan diri bagi pekerja perempuan dan survei kebutuhan pekerja perempuan di RU IV.

Baca juga: Cegah stunting di Kutawaru, Kilang Pertamina Cilacap gelar pelatihan olahan tambak

Sementara untuk Wellbeing, inisiatif seperti program "Pertiwi Sejuk" dan berbagai kegiatan terkait kesehatan mental dan parenting juga akan digalakkan.

Aspek Sustainability akan fokus pada pemantauan ESG (Environmental, Social, and Governance) serta evaluasi program Pertiwi. 

Di sisi Partnership and Communication, berbagai kegiatan seperti "Wonderful Expertise Sharing by Women" dan penyediaan fasilitas pelaporan bagi pekerja perempuan juga disiapkan.

Acara ini juga dihadiri oleh Senior Manager Operation and Manufacturing (SMOM) Hermawan Budiantoro, serta sejumlah tokoh lain termasuk Plt. Ketua Serikat Pekerja Pertamina Patra Wijayakusuma (SPP PWK) Dwi Jatmoko dan Founder Komunitas Mom’s Go Green Darupi. 

Acara ditutup dengan sesi sharing bersama psikolog Intan Erlita yang mengangkat tema pentingnya menjaga kesehatan mental di tempat kerja, terutama di lingkungan Kilang Cilacap, kilang terbesar di Indonesia. 

Dengan diluncurkannya program Pertiwi ini, diharapkan budaya kerja yang lebih inklusif dan memberdayakan perempuan semakin berkembang di RU IV.

Baca juga: Perwira Kilang Pertamina Cilacap gelar safety riding dan bakti sosial dalam rangka HUT Ke-9 RFCC
Baca juga: Kilang Pertamina Cilacap topang ketersediaan darah untuk tiga kabupaten di Banyumas Raya
Baca juga: Buktikan komitmen K3 yang tinggi, Kilang Pertamina Cilacap raih 129 juta jam kerja aman

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024