Cilacap (ANTARA) - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap kembali menggelar program donor darah di gedung Patra Graha, yang tak hanya menjadi kegiatan rutin, juga berperan penting dalam menopang stok darah di wilayah Banyumas Raya. 

Pada kegiatan yang diselenggarakan Kamis (19/9), seribuan kantong darah terkumpul untuk disalurkan ke tiga kabupaten, yakni Cilacap, Purbalingga, dan Banjarnegara.

Manager Health, Safety, Security, and Environment (HSSE) RU IV Reza Merizki Siregar bersama Section Head Health dr. Bernardo L. Tobing menjelaskan bahwa program tersebut merupakan kerja sama jangka panjang dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cilacap. 

"Donor darah ini adalah bukti nyata kontribusi kami dalam mendukung ketersediaan stok darah di PMI. Darah adalah kebutuhan vital, dan kami berupaya memastikan ketersediaannya," ujar Reza.

Dalam kesempatan ini, PMI Cilacap juga menggandeng PMI Purbalingga dan Banjarnegara untuk mendukung tingginya antusiasme peserta donor darah. 

Baca juga: Buktikan komitmen K3 yang tinggi, Kilang Pertamina Cilacap raih 129 juta jam kerja aman

Sebanyak 1.107 kantong darah berhasil dikumpulkan dari 1.263 pendaftar. Reza mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada para peserta donor yang telah berpartisipasi. 

"Kami sangat mengapresiasi para penderma. Darah yang disumbangkan akan membawa manfaat besar bagi masyarakat di tiga kabupaten," jelasnya.

Sebagai bentuk apresiasi, Kilang Pertamina Cilacap memberikan paket sembako kepada peserta yang berhasil mendonorkan darahnya. 

"Saya rutin ikut donor darah di sini dan selalu mendapatkan paket sembako. Terima kasih, Pertamina. Ini sangat bermanfaat bagi kami," kata Susana, warga Tambakreja, Cilacap Selatan.

Kegiatan donor darah ini juga mendukung salah satu Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s), yaitu tujuan ketiga: memastikan kehidupan yang sehat dan kesejahteraan bagi semua. 

PT Kilang Pertamina Internasional RU IV Cilacap, sebagai bagian dari bisnis pengolahan minyak dan petrokimia, berkomitmen menjalankan prinsip Environment, Social, and Governance (ESG) dengan visi menjadi perusahaan kilang minyak dan petrokimia kelas dunia yang bertanggung jawab sosial dan ramah lingkungan.

Baca juga: "Relpi Tour de Panti dan Pantai" inisiatif kreatif Relawan Kilang Pertamina Cilacap dalam berbagi
Baca juga: Kilang Pertamina Cilacap berdayakan pemuda melalui pelatihan las listrik tingkat tinggi
Baca juga: Selamatkan lingkungan, Pertiwi Kilang Cilacap-Mom's Go Green gelar kumpulkan minyak jelantah

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024