Cilacap (ANTARA) - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap kembali menggelar program Pelatihan Las Listrik 6G yang ditujukan untuk memberdayakan pemuda di sekitar wilayah perusahaan. 

Pelatihan ini berlangsung selama 60 hari dan dibuka secara resmi di Balai Latihan Kerja (BLK) Cilacap, Senin (9/9/2024).

Program pelatihan ini diikuti oleh 15 peserta yang sebagian besar merupakan alumni SLTA/SMK dari beberapa kelurahan di eks Kotip Cilacap. 

Area Manager Communication, Relations, and CSR RU IV Cilacap Cecep Supriyatna menjelaskan bahwa program ini adalah bagian dari kontribusi tahunan perusahaan dalam mendukung pengembangan keterampilan warga setempat. 

"Pelatihan las listrik 6G adalah salah satu program unggulan kami yang selalu dibutuhkan di dunia industri. Kami bekerjasama dengan BLK untuk memberikan pelatihan secara gratis, dengan fokus pada praktik agar peserta benar-benar menguasai keterampilan ini," ungkapnya.

Baca juga: Selamatkan lingkungan, Pertiwi Kilang Cilacap-Mom's Go Green gelar kumpulkan minyak jelantah

Pelatihan ini tidak hanya mendukung peningkatan keterampilan, tetapi juga sejalan dengan beberapa tujuan Sustainable Development Goals (SDGs), di antaranya mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif, pembangunan infrastruktur tangguh, serta kemitraan global yang kuat untuk pembangunan berkelanjutan.

Kasubbag TU BLK Cilacap Agus Supriyono turut mengapresiasi program ini dan berharap para peserta dapat memanfaatkannya sebaik mungkin. Ia berpesan agar peserta mengikuti program dengan serius, mengingat kesempatan ini tidak datang kepada semua orang.

Perwakilan Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian Kabupaten Cilacap, Dewi Asdar juga menyambut positif pelatihan ini sebagai bekal penting bagi peserta dalam menghadapi dunia kerja. 

Sebagai simbol dimulainya pelatihan, Cecep Supriyatna menyematkan alat pelindung diri (APD) kepada perwakilan peserta serta memberikan bantuan senilai Rp150 juta untuk mendukung program pelatihan ini.

Baca juga: Antusiasme Perwira Pertamina mengajar siswa SD di PEN 7.0 Cilacap
Baca juga: Kilang Cilacap rayakan HUT Ke-48 dengan tasyakuran dan santunan anak yatim
Baca juga: Kontingen Kilang Pertamina Cilacap raih juara Karnaval Mobil Hias HUT Ke-79 RI Pemkab Cilacap

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024