Cilacap (ANTARA) - Pertamina Energi Negeri (PEN) kembali hadir menyapa siswa-siswi Sekolah Dasar di seluruh Indonesia, termasuk di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Senin (2/8).

Di bawah koordinasi PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap, para relawan PEN 7.0 antusias berbagi kebaikan dan inspirasi di tiga SD, yaitu SD Negeri 4 dan 11 Tambakreja di Jl. Slamet Riyadi, Cilacap Selatan, serta SD Negeri 2 Kutawaru, Cilacap Tengah.

Kegiatan PEN 7.0 di Cilacap melibatkan 56 relawan dari KPI RU IV Cilacap, Pertamina Lubricants, dan PT Badak LNG. Rombongan dilepas oleh General Manager KPI RU IV Edy Januari Utama beserta tim manajemen di halaman Head Office (HO) RU IV.

Dalam sambutannya, Edy Januari Utama memberikan apresiasi atas partisipasi para Perwira dalam kegiatan ini. “Kami sangat mendukung inisiatif teman-teman muda Perwira. Kegiatan ini sangat penting dan memberikan dampak positif bagi anak-anak sekolah, terutama di tingkat dasar,” ungkapnya.

Edy juga menekankan bahwa acara ini menjadi sarana untuk mengenalkan keberadaan Kilang Cilacap sebagai kilang terbesar dan paling strategis di Indonesia. "Melalui PEN ini, anak-anak diharapkan bangga bahwa di Cilacap ada kilang terbesar yang menopang 34 persen kebutuhan BBM Nasional dan 60 persen kebutuhan BBM di Pulau Jawa," tambahnya.

Koordinator PEN 7.0 Wilayah Cilacap Erlangga Muhammad Rizal menjelaskan bahwa PEN adalah program sosial tahunan nasional yang diinisiasi oleh komunitas Perwira Pertamina Peduli di bawah naungan Direktorat SDM & Corporate Secretary. 

Baca juga: Kilang Cilacap rayakan HUT Ke-48 dengan tasyakuran dan santunan anak yatim

“Konsepnya adalah relawan, sehingga para relawan PEN diharapkan dapat berbagi untuk sesama,” jelasnya.

Erlangga juga menjelaskan bahwa PEN 7.0 berfokus pada memberikan edukasi dan motivasi kepada anak-anak, khususnya di Sekolah Dasar, dengan berbagi pengetahuan dan mencerdaskan generasi muda. 

Mengusung tema "Arutala," yang berarti "Cita-Cita Tinggi nan Mulia" dalam bahasa Sansekerta, program ini bertujuan mendorong generasi muda untuk berani mengejar impian mereka.

"PEN 7.0 memiliki semangat untuk menginspirasi dan membuka wawasan agar generasi muda berani membangun mimpi, sambil menjaga keseimbangan ekosistem dan melestarikan lingkungan hidup. Kami mengajar sekaligus memotivasi semangat belajar dan inspirasi, diselingi permainan menarik, serta mengajak anak-anak untuk menuliskan impian mereka. Kami juga menanamkan nilai-nilai BUMN, yaitu AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif)," tambah Erlangga.

Salah satu siswa SD Negeri 4 Tambakreja, Fahmi Nurdaffa mengaku sangat senang dengan kegiatan ini. "Senang sekali didatangi kakak-kakak Pertamina. Jadi berani bermimpi dan menulisnya. Terima kasih Pertamina," ujarnya.

Selain kegiatan belajar dan inspirasi, PEN 7.0 juga memberikan bantuan berupa peralatan dan sarana penunjang pembelajaran. SD Negeri 2 Kutawaru menerima 1 unit speaker aktif, sementara SD Negeri 4 dan 11 Tambakreja masing-masing menerima 1 unit proyektor.

Baca juga: Kontingen Kilang Pertamina Cilacap raih juara Karnaval Mobil Hias HUT Ke-79 RI Pemkab Cilacap
Baca juga: KPI resmikan program inovasi sosial "Mamaku" binaan Kilang Cilacap
Baca juga: Direksi KPI ingatkan pentingnya aspek keamanan dan keandalan kilang

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024