Cilacap (ANTARA) - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap berhasil membawa gelar juara pertama Karnaval Mobil Hias yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Cilacap, Kamis (22/8), untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Ke-79 Republik Indonesia.

Di kategori umum kontingan karnaval Kilang Cilacap berjaya dengan raihan poin 431. Disusul Terus Jaya Group di tempat kedua dan Bank Jateng di peringkat ketiga.

Selaras dengan tema karnaval "Nusantara Baru, Indonesia Maju", mobil hias Kilang Cilacap disulap menjadi burung garuda yang merupakan lambang NKRI.

Desain burung garuda emas raksasa itu tampil gagah dan elegan seraya mencengkeram kuat pita merah putih. 

Tak ketinggalan miniatur tangki, kilang hijau (Green Refinery) sebagai ikon Kilang Cilacap serta displai aneka produk BBM ramah lingkungan semakin memperindah tampilan. 

Mobil hias tersebut dilengkapi kain wastra nusantara seperti songket Toraja, kain tenun Papua, batik, dan masih banyak lainnya mengelilingi badan garuda.

Perwakilan Persatuan Wanita Patra (PWP) turut memeriahkan karnaval dengan mengenakan pakaian adat khas nusantara. 

Ditambah grup karawitan RU IV "Laras Patra" yang didapuk sebagai pengiring musik tradisional untuk semakin menghidupkan suasana karnaval.

Total ada 156 mobil hias peserta karnaval memeriahkan kegiatan yang terbagi dalam kategori pendidikan, dinas/instansi, dan masyarakat umum. 

Peserta kemudian menyusuri rute dari kompleks Stadion Wijayakusuma, Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Gatot Soebroto, dan berakhir di Jalan S Parman.

Di Jalan S Parman sebagai lokasi finish sekaligus panggung kehormatan, para peserta karnaval disambut Penjabat Bupati Cilacap M Arief Irwanto bersama jajaran Forkopimda Cilacap. 

Antusiasme ribuan warga menyaksikan karnaval terlihat di sepanjang rute yang dilintasi.  

Baca juga: KPI resmikan program inovasi sosial "Mamaku" binaan Kilang Cilacap

Section Head Safety RU IV Cilacap Sjahru Sjakbani yang memimpin kontingen Kilang Cilacap menyebutkan pihaknya menyambut antusias karnaval ini untuk semakin mendekatkan keberadaan kilang kepada masyarakat. 

"Kilang Cilacap sampai saat ini menjadi yang terbesar dan paling strategis di Indonesia. Ini menjadi kebanggaan kita bersama, termasuk kebanggaan masyarakat Cilacap," jelasnya.

Sementara itu, Area Manager Communication Relations and CSR RU IV Cilacap Cecep Supriyatna mengapresiasi kesuksesan kontingen Kilang Cilacap dalam kegiatan ini. 

"Luar biasa, selamat untuk pencapaian tim karnaval dari Kilang Cilacap. Ini menjadi bukti dan pengakuan atas karya kreatif teman-teman yang terlibat," tegasnya.
 
Diketahui, kegiatan karnaval mobil hias ini sekaligus menjadi penutup dari serangkaian kegiatan peringatan HUT Ke-79 RI Tingkat Kabupaten Cilacap.

Baca juga: Direksi KPI ingatkan pentingnya aspek keamanan dan keandalan kilang
Baca juga: Komut KPI dorong kesiapan Kilang Cilacap capai target KPI
Baca juga: Relpi RU IV Cilacap ajak 79 anak tangguh meriahkan HUT Ke-79 RI

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024