Cilacap (ANTARA) - Semarak HUT Ke-79 RI ternyata juga menjadi momentum terbaik untuk berbagi sesama, seperti dilakukan Relawan Pertamina Peduli (Relpi) Cilacap yang mengajak 79 anak-anak yatim piatu dan duafa mengisi kemerdekaan RI dengan berbagai lomba..

Bertajuk "Semarak Kemerdekaan Indonesia bersama Anak Tangguh", Relpi mengumpulkan mereka di lapangan sepakbola Benzene Stadium, Gunung Simping, Cilacap, Sabtu (17/8).

Anak-anak ini berasal dari yayasan dan lembaga pengasuh anak yatim di sekitar operasional kilang, berbaur dengan anak-anak di kompleks Perumahan Pertamina Gunung Simping.   

Ketua Panitia dari Relpi Cilacap, Johan Fatonso Putra menjelaskan tahun ini merupakan penyelenggaraan kedua, setelah pada momentum kemerdekaan tahun lalu dikaitkan dengan bulan Muharram. 

"Tujuannya tentu kami ingin berbagi dengan anak-anak yatim yang dikemas dengan kegiatan lomba-lomba khas peringatan kemerdekaan RI," ujarnya.

Ia mengatakan kegiatan tersebut juga menjadi ajang untuk mempererat tali silaturahmi antaranak-anak dari berbagai lembaga dan yayasan. 

"Semoga kegiatan ini menjadi pengalaman berkesan dan menyenangkan bagi para peserta," kata Johan.

Ketua Badan Dakwah Islam (BDI) RU IV Cilacap Agus Rahmat Jamal mengatakan pihaknya sebagai salah satu organisasi yang berkolaborasi dan mendukung acara, mengapresiasi agenda tersebut,

"Terima kasih kepada rekan-rekan Relpi dan para donatur atas inisiasi positif ini. Yang terpenting adalah esensi dan kebersamaan dari kegiatan ini, saling mengenal, mengolah fisik, dan terjaga silaturahmi," ungkapnya.

Ia mengharapkan kegiatan seperti itu bisa berkelanjutan sebagai wadah pembinaan dan bukti kepedulian pada lingkungan sekitar. 

"Semoga kegiatan ini akan selalu ada setiap tahunnya dan menjadi program andalan teman-teman Relpi," katanya.

Baca juga: Seluruh petugas upacara HUT Ke-79 RI di Kilang Cilacap perempuan

Selanjutnya, Relpi dibantu Pertiwi --komunitas pekerja perempuan di internal Kilang Cilacap-- membagi peserta ke dalam 10 tim dengan nama produk Pertamina, yakni Solar, LPG, Pertamax, Pertadex, Avtur, Sulfur, Benzene, Propylene, Dexlite, dan Pertalite.

Secara bergantian, para peserta dengan antusias mengikuti lima lomba permainan yang disiapkan panitia berupa lomba Estafet Sarung, Estafet Kelereng, Memindahkan Air, Jembatan Keselamatan, dan Memasukkan Pensil. 

Koordinator Relpi Anton Wibowo mengatakan aneka lomba yang disajikan dalam kegiatan tersebut memberikan pesan-pesan moral positif kepada para peserta selaras dengan tata nilai BUMN, AKHLAK. 

"Ada pesan-pesan AKHLAK dalam permainan yang kami berikan, mulai dari nilai Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adapatif, dan Kolaboratif. Semoga bermanfaat," katanya.

Salah seorang peserta dari Panti Asuhan Tabiyatul Aulad Cilacap Selatan, Ida mengaku senang mengikuti acara ini. 

"Senang, acaranya seru, bertemu banyak teman. Terima kasih Pertamina," katanya.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan penyerahan bantuan alat kebersihan untuk yayasan dan lembaga, serta santunan untuk anak yatim piatu dan duafa peserta lomba. 

Pada kegiatan ini Relpi berkolaborasi dengan Pertiwi didukung Persatuan Wanita Patra (PWP), Baituzzakah Pertamna (Bazma), BDI, Koperasi Pekerja Pertamina Patra Wijayakusuma (Kopama), dan Serikat Pekerja Pertamina Patra Wijayakusuma (SPP PWK).

Baca juga: Kilang Cilacap sukses gelar KPI Cup Badminton 2024
Baca juga: Edukasi penanganan kebakaran bagi mahasiswa, Kilang Cilacap gelar "Firefighters Goes Campus"
Baca juga: Dewan Energi Nasional apresiasi Green Refinery Cilacap

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024