Cilacap (ANTARA) - Sebuah momentum menarik terjadi dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun Ke-79 Republik Indonesia di PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu, karena seluruh petugas upacara merupakan kaum perempuan.

Dari pemimpin upacara, pemimpin pasukan, tim inti pengibar bendera, pembawa teks Pancasila, pembaca UUD RI 1945 hingga pembaca doa dipercayakan kepada perwira perempuan. 

Upacara di lapangan komplek Head Office RU IV Cilacap itu berlangsung hidmat, dihadiri Direktur Perencanaan dan Pengembangan Bisnis PT KPI Isnanto Nugroho yang bertindak sebagai pembina upacara.

Dalam pesan kemerdekaan yang dibacakan Isnanto Nugroho, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menyebutkan selaras tema HUT ke-79 RI "Nusantara Baru Indonesia Maju", Pertamina mengusung tema "Energi Baru untuk Indonesia Maju". 

"Tema ini berasal dari semangat yang sama menyatukan energi dan serentak bergerak mewujudkan ketahanan energi menyokong kemajuan bangsa," jelasnya.

Lebih lanjut, Pertamina sebagai lokomotif energi nasional menyadari, menyelaraskan energi baru di masa transisi tidaklah mudah. 

"Perlu nilai-nilai Adaptif dengan terus berinovasi dan antusias menggerakkan ataupun menghadapi perubahan. Selain itu, semangat kolaboratif harus terus dibawa untuk mencapai harmoni demi laju pembangunan masa depan," tegasnya. 

Disebutkannya, Pertamina kembali berhasil menorehkan sejarah baru dengan pencapaian kinerja tertinggi sepanjang sejarah di tengah tantangan selama 2023. 

Baca juga: Kilang Cilacap sukses gelar KPI Cup Badminton 2024

“Pertamina kokoh di peringkat 165 Fortune Global 500, menjadi satu-satunya perusahaan Indonesia yang bersaing di jajaran perusahaan dunia. Ini menjadi salah satu kado Pertamina untuk HUT ke-79 RI,” imbuhnya.
 
Untuk itu, dia kembali mengajak seluruh insan Pertamina menyatukan semangat dan energi, agar semua pengabdian dilakukan untuk masa depan Indonesia lebih baik. 

“Energi dari seluruh Perwira juga merupakan modal utama menjadi global energy champion, mencapai Indonesia sebagai Negara Nusantara Berdaulat, Maju, dan Berkelanjutan,” ungkapnya.

Sementara dalam keterangan seusai upacara, Isnanto mengapresiasi keterlibatan perwira perempuan sebagai petugas upacara. “Ini adalah kebanggaan kita semua, partisipasi yang luar biasa dari perwira perempuan di RU IV Cilacap,” tuturnya.

Di sisi lain, Isnanto juga menyampaikan penghargaan tinggi atas kinerja positif yang ditunjukkan seluruh perwira khususnya di Kilang Cilacap. “Harapan kami, mari tunjukkan kontribusi dan partisipasi terbaik dengan selalu mengutamakan safety demi mencapai kinerja dan performa terbaik,” pesannya.

Upacara diikuti General Manager (GM) KPI RU IV Edy Januari Utama, Senior Manager Operation and Manufacturing (SMOM) Hermawan Budiantoro beserta tim manajemen yang mengenakan baju adat Nusantara, serta seluruh perwira Kilang Cilacap. 

Rangkaian upacara ditutup dengan penampilan grup tek-tek "Garuda Mas" dari Kabupaten Banyumas yang membawakan lagu-lagu perjuangan dalam balutan musik tradisional.

Baca juga: Edukasi penanganan kebakaran bagi mahasiswa, Kilang Cilacap gelar "Firefighters Goes Campus"
Baca juga: Dewan Energi Nasional apresiasi Green Refinery Cilacap
Baca juga: Bazma RU IV Cilacap salurkan bantuan operasional untuk seratusan lembaga pendidikan Islam
 

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024