Cilacap (ANTARA) - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap melalui Badan Pembina Olahraga (Bapor) Badminton sukses menyelenggarakan turnamen bulutangkis KPI Cup Badminton 2024 untuk pertama kalinya yang mempertemukan atlet bulutangkis dari seluruh anak perusahaan PT KPI.

Ketua Bapor Badminton RU IV Cilacap Farizal Amri mengatakan kegiatan tersebut sangat istimewa karena mempertemukan komunitas pecinta olahraga bulutangkis di internal anak perusahaan KPI. 

"Kami sudah lama menanti event ini, yang dirancang sejak sekitar 10 tahun lalu. Kebetulan Cilacap terpilih menjadi tuan rumah gelaran yang pertama," ujarnya.

Menurut dia, KPI Cup Badminton menjadi sarana mengakrabkan dan saling kenal antarpekerja, serta menjaga kebugaran demi meningkatkan produktivitas kerja. 

"Kebugaran dan stamina pekerja sangat penting untuk menjaga operasional kilang, sebagai penyedia kebutuhan energi nasional," katanya.

Menurut dia, hal itu selaras dengan slogan ajang KPI Cup 2024 "Many Rackets, One Goal, One Pertamina". 

"Ini adalah gabungan atlet dari beberapa RU dengan tujuan yang sama sebagaimana visi dan misi perusahaan untuk mencapai satu kesatuan Pertamina. Hal ini juga untuk memeriahkan HUT Ke-79 RI," ungkapnya.

Lebih lanjut, Farizal mengatakan ada 8 tim yang berlaga, masing-masing 2 tim dari Bapor RU IV Cilacap, RU II Dumai, PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI), dan RU VII Kasim bergabung dengan TPPI Jakarta. 

"Selain itu dari Bapor RU VI Balongan, RU III Plaju, dan KPI Pusat. Ditambah penampilan 8 pasang ganda putri," ujarnya.

Menurut dia, para pemain turun di nomor ganda dengan total 90 pertandingan, terdiri dari 75 pertandingan di ganda putra dan 15 pertandingan di ganda putri. 

"Kami bersyukur seluruh pertandingan berlangsung aman, lancar, dan tidak ada pemain yang cedera serius selama penyelenggaraan," katanya.

Baca juga: Edukasi penanganan kebakaran bagi mahasiswa, Kilang Cilacap gelar "Firefighters Goes Campus"

Dari serangkaian pertandingan yang dimulai 18-20 Juli 2024, RU VI Balongan berjaya di ganda putri dan beregu putra. Di ganda putri, pasangan Margareta-Sela dari RU VI Balongan tampil sebagai juara pertama, disusul Tati-Intan dari KPI Pusat, dan juara 3 bersama diraih RU IV Cilacap, yakni Nisa-Ria dan Lina-Gisa. 

Sementara di nomor beregu putra, RU VI Balongan menjadi tim terbaik, disusul tuan rumah RU IV Cilacap sebagai runner up, dan juara 3 bersama diraih RU II Dumai dan RU III Plaju.

Rangkaian KPI Cup Badminton 2024 ditutup Gala Dinner dan Awarding di Gedung Patra Graha, Cilacap, Sabtu (20/7) malam, yang dihadiri SMOM RU IV Hermawan Budiantoro, tim manajemen, dan section head. 

Acara ditutup dengan pengundian tuan rumah KPI Cup berikutnya dengan metode spin wheel. Hasilnya, terpilih RU III Dumai sebagai tuan untuk penyelenggaraan KPI Cup selanjutnya.

Baca juga: Dewan Energi Nasional apresiasi Green Refinery Cilacap
Baca juga: Bazma RU IV Cilacap salurkan bantuan operasional untuk seratusan lembaga pendidikan Islam
Baca juga: Kilang Pertamina Cilacap turut pecahkan rekor MURI Peragaan Pemadaman Kebakaran

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024