Rama Penuhi Panggilan KPK Terkait Kasus Fathanah

id rama penuhi panggilan kpk terkait kasus fathanah

 Rama Penuhi Panggilan KPK Terkait Kasus Fathanah



"Saya memenuhi pangglan KPK untuk diperiksa sebagai saksi tindak pidana pencucian uang Ahmad Fathanah," kata Rama Pratama saat datang ke gedung KPK Jakarta sekitar pukul 09.40 WIB, Senin.

Rama sebelumnya dijadwalkan diperiksa pada Jumat (10/5) namun surat panggilan kembali ke KPK karena alamat Rama dalam surat sudah tidak ada dalam data kependudukan.

"Saya tegaskan lagi saya diperiksa sebagai saksi, bukan atas dugaan suap tapi saya belum tahu persis apa yang akan ditanyakan, kasih saya kesempatan untuk menjalani pemeriksaan dulu," tambah Rama.

Ia mengaku mengenal Ahmad Fathanah dari mantan presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq.

"Saya kenal melalui ustad Luthfi, nanti saya jelaskan," ungkap Rama.

Rama Pratama sebelumnya pernah diperiksa KPK terkait kasus dugaan suap terhadap anggota Komisi V DPR, Abdul Hadi Djamal pada April 2009.

Rama juga disebut-sebut dalam kasus korupsi pajak Dhana Widyatmika yang ditangani Kejaksaan Agung.

Dalam kasus ini KPK telah menetapkan lima orang tersangka yaitu Luthfi Hasan Ishaaq, Ahmad Fathanah, dua orang direktur PT Indoguna Utama yang bergerak di bidang impor daging yaitu Juard Effendi dan Arya Abdi Effendi dan direktur utama PT Indoguna Utama Maria Elizabeth Liman.

Fathanah bersama Lutfi Hasan disangkakan melanggar Pasal 12 Huruf a atau b atau Pasal 5 Ayat (2) atau Pasal 11 UU No. 31/1999 sebagaimana telah diubah menjadi UU No. 20/2001 jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP mengenai penyelenggara negara yang menerima hadiah atau janji terkait kewajibannya.

Keduanya juga dikenakan disangkakan melakukan pencucian uang dengan sangkaan melanggar pasal 3 atau pasal 4 atau pasal 5 Undang-Undang nomor 8 tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang jo pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.
Pewarta :
Editor: Totok Marwoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar