Dinkes Purbalingga ajak warga perkuat program "Jogo Tonggo"

id Dinkes Purbalingga, protokol kesehatan, masker, jogo tonggo

Dinkes Purbalingga ajak warga perkuat program  "Jogo Tonggo"

Kepala Dinas Kesehatan Purbalingga Hanung Wikantono (ANTARA/HO - Humas Pemkab Purbalingga)

Purbalingga (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga Hanung Wikantono mengajak seluruh warga daerah itu untuk memperkuat program "Jogo Tonggo" dengan saling menjaga tetangga secara bersama-sama selama pandemi COVID-19.

"Perkuat upaya Jogo Tonggo sesuai program yang digencarkan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah," katanya di Purbalingga, Kamis.

Dia mengatakan program tersebut bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dengan cara mengedepankan kearifan lokal dan saling bergotong-royong  serta berempati antarmasyarakat dalam satu wilayah.
 

Pada kesempatan itu, Hanung juga mengingatkan warga di wilayah setempat agar selalu mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19.

"Kami mengingatkan warga agar selalu mematuhi protokol kesehatan demi kebaikan bersama dan untuk memutus mata rantai penularan virus," katanya.

Dia mengatakan pada saat ini operasi tertib masker terus dilakukan di seluruh wilayah di Purbalingga. "Operasi tertib penggunaan masker terus dilakukan di seluruh kecamatan," ucapnya.

Menurut dia, pendisiplinan penggunaan masker sangat efektif sebagai upaya meminimalisasi penyebaran COVID-19. Selain itu, masyarakat juga harus bijaksana dalam beraktivitas, termasuk saat cuti bersama akhir Oktober 2020.

"Kami mengimbau warga untuk bijaksana beraktivitas khususnya saat libur panjang akhir bulan ini, tetap ikuti protokol kesehatan. Salah satu kunci penting dalam memutus rantai penularan virus adalah menerapkan protokol kesehatan dan menjalankan pola hidup bersih dan sehat," tuturnya.
 

Karena itu, lanjutnya, protokol kesehatan harus menjadi gaya hidup dan menjadi bagian dalam keseharian masyarakat, sebab masyarakat memiliki peran strategis dalam upaya mencegah penyebaran COVID-19.

Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar