Pemkab dan DPRD Batang sepakati dana bankeu parpol naik 50 persen

id Pemkab DPRD Batang, kenaikan bankeu parpol,dana bantuan parpol

Pemkab dan DPRD Batang sepakati dana bankeu parpol naik 50 persen

Ilustrasi. Bendera parpol di Kantor KPU.

Batang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah sepakat menaikkan dana bantuan keuangan partai politik 2021 sekitar 50 persen, kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Batang Rusmanto.

"Jika indeks bankeu 2019 semula Rp1.800 per suara kini telah disepakati naik sekitar 50 persen atau Rp3 ribu/suara sah," katanya di Batang, Jawa Tengah, Selasa.

Menurut dia, aturan tersebut tertuang dalam rancangan peraturan daerah (Raperda) yang telah ditandatangani oleh Bupati Batang Wihaji.

“Kenaikan bantuan keuangan berdasar jumlah suara, dimana dalam kebijakan umum anggaran–prioritas plafon anggaran sementara (KUA-PPAS) dianggarkan Rp3 ribu per suara sah dari sebelumnya Rp2 ribu per suara sah," katanya.

Ia mengatakan saat ini sebanyak 10 partai politik yang meneriman bantuan keuangan yaitu PKB, PDIP, Golkar, PPP, Gerinda, PAN, PKS, Demokrat, NasDem, dan Hanura.

Adapun perolehan bantuan keuangan parpol paling banyak, kata dia, diperoleh oleh PKB karena partai politik ini adalah pemenang Pemilu 2019 yaitu sebanyak 10 kursi, disusul PDIP dan PDIP masing-masing 8 kursi, dan PPP sebanyak enam kursi.

"Raperda dana bantuan keuangan partai politik ini masih menunggu persetujuan Gubernur Jateng. Oleh karena, pada tahun ini bantuan keuangan parpol belum bisa naik namun dimungkinkan kenaikannya pada 2021," katanya.

Ia mengatakan bantuan keuangan pada parpol di Kabupaten Batang tidak ada kenaikan sejak 2012 hingga 2020.

"Oleh karena, meski nilai kenaikan bantuan keuangan parpol pada 2021 hanya sekitar 50 persen namun kenaikannya masih relatif sedikit," katanya.
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar